OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 24 Juli 2018

Unik, Masjid Ini Berada di Perut Bumi

Unik, Masjid Ini Berada di Perut Bumi

10Berita, PAPUA—Masjid Baabul Munawwar bisa disebut sebagai ‘terdalam’ di dunia. Pasalnya, masjid yang dibangun perusahaan pertambangan PT Freeport ini terletak di 1.760 meter di bawah tanah.

Masjid unik ini berhias dinding perut bumi dan penambahan lampu-lampu gantung yang menerangi tempat shalat.

PT Freeport yang memiliki 32 ribu karyawan ini sengaja membangun masjid untuk mengakomodir kebutuhan karyawan Muslim dan mengefisienkan waktu antara bekerja dan shalat, maka PT Freeport membuat sebuah masjid.

BACA JUGA: Shalat di Masjid, Ini Dia Hikmahnya

Pembuatan masjid Baabul Munawwar di arsiteki oleh Alexander Mone yang merupakan alumnus Bina Nusantara. Sedangkan strukturnya dikerjakan oleh Andrew Parhusip yang merupakan lulusan ITB.

Setelah jadi, masjid tersebut kemudian diresmikan pada Juni 2016 lalu yang ditandatangani oleh Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen Fransen G. Siahaan dan dinamai Masjid Baabul Munawwar. Walaupun berada di dalam tanah, nyatanya kapasitas tampung masjid tergolong banyak, yakni mencapai 250 orang.

Bahkan pembangunan kedua tempat ibadah ini sudah mendapatkan piagam rekor dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) sebagai masjid terdalam di Indonesia bahkan dunia.

Di samping masjid Baabul Munawwar, juga ada tempat ibadah bagi umat pemeluk Nasrani yakni Gereja Oikumene Soteria.

Dua tempat ibadah itu memang sengaja berdampingan sebagai wujud toleransi agama walaupun berada di nun jauh di perut bumi. []

SUMBER: COVESIA,  Islampos.