OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 24 Juli 2018

Waring dan Bambu Disorot Media Asing, Ini Kata Gubernur Jakarta

Waring dan Bambu Disorot Media Asing, Ini Kata Gubernur Jakarta


Eramuslim – Waring penutup Kali Item hingga bendera negara peserta Asian Games bertiang bambu disorot media asing. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut hal itu merupakan efek pemberitaan media lokal.

“Tentu, karena diberitakan oleh media nasional. Jadi, media internasional itu hanya mengambil dari media lokal. Pilihan kita saat ini, ketika Asian Games, teman-teman media punya pilihan, mau angkat sisi apa dari Indonesia. Teman-teman media yang menentukan,” kata Anies saat dimintai tanggapan di Taman Marga Satwa Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (24/7).

“Bila teman-teman mengambil sisi suram, maka itulah yang akan diikuti, diambil oleh media internasional juga. Bila media lokal ambil sisi cerah, itu pula yang akan diambil,” imbuhnya.

Anies pun mengajak semua pihak bekerja sama dalam memberitakan persiapan Indonesia menggelar Asian Games.

“Karena itu kita kerja sama-sama nih. Kita mau tunjukkan sisi mana. Kalau saya, mari kita tunjukkan Indonesia yang positif, Indonesia yang baik,” ujar Anies.

Channel News Asia, memang mengulas soal penutupan Kali Item dengan waring dalam artikel berjudul ‘Jakarta covers up ‘stinky, toxic’ river near Asian Games village‘. Artikel itu membahas penutupan Kali Item yang berada tak jauh dari Wisma Atlet untuk Asian Games, guna menghambat bau tak sedap.

Sementara itu, South China Morning Post, mengulas penggunaan tiang bambu untuk bendera negara peserta Asian Games dalam artikel berjudul ‘Asian Games 2018: Jakarta governor orders residents’ flags be re-erected after Asiad gesture initially falls flat’. Media asal China itu menuliskan tentang Anies yang menginstruksikan agar bendera-bendera yang diikat bambu dipasang kembali, setelah sebelumnya sempat dicopot. (dtk)

Sumber : detik,