OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 17 Agustus 2018

Bikin Merinding, Ini Jadinya Kalau Program OKE OCE Menjadi Gerakan Nasional

Bikin Merinding, Ini Jadinya Kalau Program OKE OCE Menjadi Gerakan Nasional

10Berita, Dalam kunjungan silaturahim bakal calon presiden Prabowo Subianto dan bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno ke pimpinan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pada 16 Agustus 2018, pasangan Prabowo-Sandiaga berkesempatan mempromosikan Program OKE OCE.

Sebagaimana dilansir kompas.com (16/8/2018), Program OKE OCE atau One Kecamatan One Center for Entrepreneurship, merupakan upaya untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya melalui pelatihan wirausaha.

sandiaga uno, sumber: kompas.com

Dalam prakteknya, Program OKE OCE sudah berjalan di provinsi DKI Jakarta yang dikoordinir oleh Sandiaga Uno saat masih menjabat sebagai wakil gubernur.

Di PBNU Sandiaga Uno mencoba menyandingkan Program OKE OCE dengan kegiatan santri di pesantren yakni melalui santri preuner, dimana akan ada pelatihan, pendampingan, kemudahan pemasaran, kemudahan untuk perizinan serta bimbingan dalam pelaporan keuangan.

sumber: sindonews.com

Berdasarkan data sindonews.com (7/5/2018), Badan Pusat Statistik (BPS) merilis tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Indonesia pada Februari 2018 mencapai 5,13%, atau berjumlah 6,87 juta orang.

Dengan jumlah yang sangat besar dari para pengangguran ini, jika kemudian diarahkan dalam satu progam wirausaha seperti OKE OCE tentu akan menjadi kekuatan ekonomi yang luar biasa.

sumber: jitunews.com

Bisa dibayangkan jika disetiap kecamatan di Indonesia yang berjumlah 7.094 kecamatan berdiri satu perwakilan OKE OCE, maka akan ada ratusan ribu bahkan jutaan wirausaha yang akan lahir.

Dan pada akhirnya, tidak saja akan mengurangi tingkat pengangguran di masyarakat namun juga akan menjadi gerakan nasional yang bisa memperkuat sendi-sendi ekonomi bangsa Indonesia secara keseluruhan.

Referensi:

Nasional.kompas.com/read/2018/08/16/23342371/di-pbnu-prabowo-sandiaga-promosikan-ok-oce

Ekbis.sindonews.com/read/1303706/33/bps-jumlah-pengangguran-di-indonesia-capai-687-juta-1525681109

Id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kecamatan_dan_kelurahan_di_Indonesia

Jitunews.com/read/58898/ok-oce-academy-diresmikan-sandiaga-mampu-kurangi-pengangguran