OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 14 Agustus 2018

Cina berkilah, kamp konsentrasi Xinjiang tidak lain sekolah kejuruan untuk para "kriminal"

Cina berkilah, kamp konsentrasi Xinjiang tidak lain sekolah kejuruan untuk para "kriminal"

10Berita , BEIJING – Cina membantah tuduhan bahwa pihaknya menahan sebanyak satu juta etnis minoritas Muslim di kamp-kamp interniran, bahkan menyebutnya sebagai sekolah kejuruan, dalam komentar langka di depan panel Perserikatan Bangsa-Bangsa di Jenewa, dikutip Wall Street Journal pada Senin (13/8/2018).

Seorang pejabat senior Cina mengatakan kepada panel PBB Senin (13/8) bahwa kamp-kamp tersebut, yang disebut dalam dokumen pemerintah Cina sebagai “pusat pendidikan kembali,” adalah untuk “penjahat yang terlibat hanya dalam pelanggaran kecil” agar membantu mereka belajar keterampilan kejuruan dan untuk mengintegrasikan mereka ke dalam masyarakat.

Dia menyebut perkiraan satu juta yang dikutip secara luas ini “benar-benar keliru” tetapi menolak memberikan angka resmi Cina jumlah orang yang ditahan di pusat tersebut.

Kamp-kamp di provinsi Xinjiang barat laut Tiongkok telah menarik perhatian internasional tahun ini, karena para peneliti akademis menggunakan foto-foto satelit dan tawaran konstruksi pemerintah untuk menetapkan skala besar program tersebut.

Pakar hukum Cina, Jerome Cohen, telah menyebut penahanan berskala besar di luar sistem peradilan di Cina sejak kampanye “anti-sayap kanan” yang dicetuskan Mao Zedong pada 1950-an.

Pemerintah Cina telah memerangi gerakan separatis secara sporadis dan keras kepala di Xinjiang selama beberapa dekade. Para pejabat Cina mengatakan gerakan itu adalah hasil dari ekstremisme agama dan menggambarkan anggotanya sebagai teroris.

Kelompok hak asasi manusia mengatakan kekerasan itu adalah reaksi terhadap diskriminasi legal pemerintah terhadap warga Uighur dan etnis minoritas Muslim lainnya serta pembatasan kemampuan mereka untuk mempraktikkan Islam.

Hu Lianhe – wakil direktur jenderal dari biro kesembilan dari unit kerja lapangan Departemen Pekerjaan Cina yang mengawasi Xinjiang – memberikan pembelaan penuh dari pusat-pusat penahanan ini hingga hari ini.

“Tidak ada penahanan sewenang-wenang” di Xinjiang, katanya, menambahkan bahwa penjahat telah dipenjara sebagai bagian dari kampanye antiterorisme dan bahwa mereka yang telah melakukan pelanggaran lebih rendah dikirim untuk memperoleh “pendidikan kejuruan”.

Aktivis hak asasi manusia mengkritik pernyataan itu.

“Faktanya, mereka menahan orang tanpa batas di fasilitas yang melanggar hukum tanpa dakwaan atau pengadilan,” kata Maya Wang, seorang peneliti untuk Human Rights Watch.

Hu juga membela beberapa kebijakan ketat Cina lainnya untuk Muslim. Dia mengatakan burqa, atau “jubah bertopeng”, dilarang di Xinjiang untuk memerangi ekstremisme dan karena itu bukan pakaian tradisional untuk orang Uighur, kelompok etnis Turki di Asia Tengah.

Hu mengeksekusi penyitaan yang tersebar luas atas paspor Uighur pada tahun 2016. Xinjiang “mencegah masuknya teroris asing dan ekstremis dan keluarnya teroris internal dan ekstrimis,” kata Hu. (Althaf/)

Sumber :arrahmah.com