OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 09 Agustus 2018

Mahfud MD Resmi Cawapres. Suara Jokowi Gembos, NU Perang Saudara!

Mahfud MD Resmi Cawapres. Suara Jokowi Gembos, NU Perang Saudara!

Foto:Fakta News

10Berita, Nama Mahfud MD menguat sebagai calon wakil presiden Joko Widodo di Pilpres 2019. Suara Jokowi terancam gembos di kantong-kantong Nahdlatul Ulama (NU).

Jokowi sudah memberikan bocoran soal siapa sosok yang akan dipilih sebagai cawapres mendampinginya. Sosok itu berinisial 'M'. Dugaan sosok itu Mahfud MD semakin menguat dengan ciri-ciri yang dikemukakan Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

Pria kelahiran Sampang, Mandura 13 Mei 1957 ini memang banyak diunggulkan untuk menjadi pelengkap Jokowi. Pengalamannya lengkap mulai sebagai menteri sampai memegang kedudukan tertinggi di Mahkamah Konstitusi (MK). Akademisi ini juga dekat dengan kalangan NU, walaupun tidak pernah masuk struktur kepengurusan.

Foto: santrigusdur

Namun, terpilihnya Mahfud dapat menjadi bumerang bagi Jokowi. Pasalnya, kiai-kiai NU lebih condong untuk mendukung Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Mahfud dinilai tidak mewakili suara NU. Bahkan, kiprah ahli hukum tata negara ini terhadap NU dipertanyakan.

Dalam pertemuan antara Cak Imin dan kiai-kiai di kantor PBNU sempat terlontar pesan bernada ancaman untuk mencabut dukungan kepada Jokowi. Intinya, warga nahdliyinmerasa tidak memiliki tanggung jawab moral untuk ikut memenangkan Jokowi-Mahfud.

Foto: Detik

Konflik internal nahdliyin ditakutkan bakal kembali lagi. 'Perang saudara' NU pernah terjadi ketika terjadi konflik antara Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dengan Cak Imin memperebutkan PKB. Kasus tersebut sempat membuat hubungan Cak Imin dengan keluarga besar Gus Dur memanas. Perseteruan berujung pelarangan PKB menggunakan atribut Gus Dur.

Bagaimana jika ancaman itu benar terjadi? Kali ini, Mahfud dapat sedikit lega karena memiliki hubungan erat dengan keluarga besar Gus Dur. Nama besar Gus Dur dipercaya membawa karomah tersendiri.(triaji) 

Sumber :UC News