OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 23 September 2018

Pesawat Rancangan Habibie Siap Terbang, Ini Keunggulannya

Pesawat Rancangan Habibie Siap Terbang, Ini Keunggulannya

 

10Berita, Pameran teknologi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Habibie Festival kembali digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 20 hingga 23 September 2018.

Pameran tersebut juga menampilkan miniatur beserta simulator pesawat R80 yang merupakan rancangan Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) melalui PT Regio Aviasi Industri yang merupakan perusahaan bentukan BJ Habibie bersama dengan putranya, Ilham Habibie.

Dikenal sebagai Bapak Teknologi Nasional, Habibie terus mencurahkan kemampuannya agar Indonesia mempunyai industri pesawat nasional yang mampu bersaing di industri aviasi.

Finalisasi Prototipe

Finalisasi prototipe (ilustrasi)

Deputi Direktur Keuangan Urusan Pendanaan PT RAI Desra Firza Ghazfan mengatakan, saat ini proyek pesawat R80 telah menyelesaikan tahap validasi desain yang dirancang dan bersiap memasuki tahap selanjutnya yakni tahap full scale development, atau pengembangan skala penuh.

“Habibie festival tahun ini mau menunjukkan ke masyarakat bahwa kita ready,” ujar Desra kepada Moneysmart.id.

Gaet Investor Lokal

Menggaet investor lokal (ilustrasi)

Dari sisi pendanaan, pihaknya juga telah mendapatkan investor lokal dalam melaksanakan proyek pesawat R80.

“Kita akan mengerjakan pesawat itu ada step-stepnya ada fase-fasenya penggalangan dananya juga kami sesuaikan dengan fase-fase itu,” ungkapnya.

Adapun kebutuhan dana dalam membuat desain hingga purwarupa atau prototipe pesawat R80 menghabiskan dana Rp 200 miliar, sedangkan pengembangan usaha mencapai Rp 20 triliun.

“Pendanaan yang Rp 200 miliar itu sudah kita bersama-sama dengan partner kita dan nanti juga akan ada tambahan partner lagi untuk step berikutnya,” kata Desra.

2022 Siap Terbang

Siap terbang 2022 (ilustrasi)

Untuk target penyelesaian prototipe R80 akan selesai pada tahun 2022, dan kemudian dilanjutkan tahap sertifikasi dan testing.

Pesawat R80 mampu mengangkut 80-90 penumpang. Pesawat ini juga didesain dengan desain kokpit modern dan menjamin kenyamanan penumpang selama mengudara seperti minimnya kebisingan suara mesin.

Pesawat ini memiliki dimensi panjang 32,3 meter dengan lebar sayap 30,5 meter dan tinggi 8,5 meter.

Pesawat R80 mampu melesat hingga 330 knots atau sekitar 611 kilometer per jam. Sedangkan kecepatan ekonomisnya mencapai 290 knots atau sekitar 537 kilometer per jam.

Dalam sekali terbang, pesawat ini mampu menjangkau 1.480 kilometer.

Dipesan 155 Unit Maskapai Nasional

Pesawat Habibie (Tribunnews)

Sementara itu, hingga saat ini sudah ada beberapa maskapai nasional yang sudah melakukan pemesanan pesawat R80 melalui Letter of Intent (LoI).

Adapun maskapai tersebut, antara lain Kalstar, Nam Air, Trigana Air, dan Aviastar dengan total 155 unit.

Setiap unit pesawat R80 dibanderol senilai 25 juta dollar AS per unit. Rencananya, RAI akan memproduksi sebanyak 450 unit R80.

Hanya saja, tahap produksi massal masih perlu melalui serangkaian tahap pengujian. Pengembangan prototipe, hingga uji terbang dan uji darat untuk menyempurnakan struktur kekuatan pesawat.

Sumber : Moneysmart