OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 02 September 2018

Saat Memulai Alibaba, Jack Ma Mengundang 24 Temannya, 23 Orang Pergi & 1 Berkata Begini

Saat Memulai Alibaba, Jack Ma Mengundang 24 Temannya, 23 Orang Pergi & 1 Berkata Begini

10Berita, Mungkin banyak di antara kita yang saat ini tengah galau menata masa depan. Belum tahu ingin apa dan bagaimana. Melamar kerja namun menghadapi penolakan demi penolakan.

Tahukah kalian, Jack Ma yang disinyalir sebagai orang terkaya ke-3 di Asia (Versi majalah Forbes 2018) saat lulus sekolah, dan sedang mencari kerja, ia pernah mengalami hingga 30 kali penolakan.

Lantas, apakah ia menyerah?

Referensi pihak ketiga

Tentu saja tidak!

Jack Ma percaya bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk sukses. Tidak masalah orang lain mau membantu kita atau tidak, tapi kita wajib berjuang dan berusaha untuk diri kita sendiri.

Saat akan membangun Alibaba, Jack Ma mengundang 24 orang temannya untuk berdiskusi, ia pun berbicara selama 2 jam mengenai idenya dalam bisnis internet. 23 temannya segera pergi dan hanya 1 orang yang tersisa yaitu temannya yang bekerja di bank, ia berkata "cobalah! Jika tidak berhasil segeralah berbalik!"

Semalaman merenunginya, pada pagi hari Jack Ma memutuskan untuk tetap melaksanakannya. Meski puluhan, bahkan lebih banyak orang yang menolak, ia tetap akan mengerjakan idenya!

Referensi pihak ketiga

Jack Ma mengaku, ia terus maju bukan karena kepercayaan dirinya akan kesuksesan peluang internet begitu tinggi. Namun, lebih karena ia meyakini bahwa pengalaman adalah salah satu bentuk kesuksesan, lepas dari berhasil atau tidak berhasilnya sebuah rencana.

"Anda tetap harus berusaha, dan jika tidak berhasil, Anda selalu bisa untuk kembali, tapi jika Anda tidak mencobanya, sama saja dengan saat malam Anda memikirkan banyaknya jalan, namun saat pagi tetap berjalan di jalan yang sama." Tutur Jack Ma


Referensi pihak ketiga

Dari perjalanan suksesnya, Jack Ma merumuskan sebuah pesan kepada para pemuda:

Sebelum 20 tahun, jadilah pelajar yang baik!


Sebelum 30 tahun, ikutilah bos yang baik! Karena hal yang penting bukanlah perusahaan mana yang anda ikuti, tetapi siapa bos yang Anda ikuti. Bos yang baik, akan mengajarkan banyak hal untuk Anda pelajari.


Sebelum 40 tahun, berpikirlah dengan jernih! Selamanya ingin menjadi pekerja, atau anda ingin bekerja untuk diri anda sendiri, menjadi pengusaha?


Sebelum 50 tahun, lakukanlah hal yang anda benar-benar ahli di dalamnya, fokuslah pada bidang yang Anda kuasai!


Sebelum 60 tahun, berinvestasilah pada anak muda yang mampu dan cakap, karena mereka yang muda dapat bekerja lebih baik dari Anda.


Nah, semoga sekelumit perjalanan Jack Ma ini memberi banyak inspirasi bagi kita dalam menjalani kehidupan ini. Kesuksesan tidak berarti menjadi miliader, saat kita telah melakukan yang terbaik dengan segenap kemampuan kita, lepasa dari apapun hasilnya, maka itulah kesuksesan.

Keep Positive all!

Referensi pihak ketiga
(sara amijaya)
Sumber Referensi:

pastiseru.com dengan analisis pribadi