OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 07 Oktober 2018

Ini 7 Fitur yang Wajib Ada Pada Smartphone Masa Kini Ponselmu Punya

Ini 7 Fitur yang Wajib Ada Pada Smartphone Masa Kini Ponselmu Punya


10Berita, Sekarang ini perkembangan teknologi terutama smartphone sangat cepat berkembang. Para produsen smartphone mulai memasukkan berbagai fitur menarik yang membuat fungsi smartphone menjadi lebih banyak dan menarik. Meski begitu kita harus pintar memilih fitur-fitur apa saja yang memang benar-benar kita butuhkan dalam sebuah smartphone.
Nah, kali ini saya akan memberitahu kepada kamu fitur apa saja yang perlu ada pada smartphone masa kini. Tertarik untuk mengetahuinya? Simak 7 fitur ini!

1. Face Unlock

Face unlock merupakan suatu fitur keamanan yang wajib ada pada smartphone kekinian.
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka smartphone dengan cepat menggunakan wajah pengguna yang sebelumnya sudah dipindai pada setelan keamanan.
Dengan memanfaatkan fitur ini kamu akan lebih cepat membuka kunci layar tanpa perlu repot-repot memasukkan sandi kunci layar sehingga kamu dapat menggunakan smartphone dengan efektif dan efisien.

2. Fingerprint Scanner

Sama seperti face unlock, fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka smartphone tanpa harus memasukkan sandi layar. Bedanya fitur keamanan ini menggunakan sidik jari dalam penggunaaannya.
Untuk dapat menggunakan fitur ini kamu terlebih dahulu harus memindai sidik jari pada setelan keamanan. Setelah pemindai berhasil mengenali sidik jarimu maka kamu bisa menggunakan fitur ini untuk membuka kunci layar dengan cara meletakkan jarimu dipemindai.
Kamu juga bisa menggunakan fitur fingerprint scanner untuk berbagai macam kebutuhan selain keamanan dengan menggunakan aplikasi bernama Fingerprint Gestures.

3. IR Blaster

IR blaster (Infra-red blaster) merupakan fitur yang dapat kamu manfaatkan untuk mengontrol perangkat elektronik lain seperti AC dan TV.
Selain untuk mengontrol perangkat elektronik, IR blaster juga digunakan oleh beberapa produsen hp untuk facial recognition yang lebih baik, sehingga kamu bisa menggunakan face unlock dalam keadaan remang-remang atau bahkan tanpa cahaya sama sekali.

4. Fast Charging

Fast charging merupakan fitur yang membuat smartphone dengan kapasitas baterai yang besar dapat melakukan pengisian baterai dengan waktu yang singkat.
Sebelum menggunakan fitur ini pastikan charger yang kamu gunakan sudah mendukung fast charging karena beberapa produsen smartphone tidak menyertakan charger yang mendukung fast charging dalam penjualan.
Saat pengisian dengan fitur ini smartphone akan terasa sedikit panas namun jangan khawatir karena itu adalah hal yang normal.

5. NFC

NFC (Near Field Communication) merupakan salah satu fitur yang mulai dihadirkan oleh para produsen smartphone karena fungsinya yang beragam.
NFC dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pembayaran secara online, terhubung ke perangkat yang mendukung NFC, hingga berbagi file secara instant.
Meskipun penggunaan alat pembayaran menggunakan NFC belum begitu populer di Indonesia namun suatu saat NFC akan menjadi alat pembayaran yang praktis, jadi pertimbangkan untuk membeli smartphone yang sudah memiliki NFC.

5. USB Type C

USB(Universal Serial Bus) Type C merupakan standar baru dalam konektivitas kabel dalam dunia teknologi. USB tipe ini menawarkan kemudahan dalam penggunaannya dibandingkan dengan USB tipe sebelumnya.
Dengan menggunakan USB tipe ini kamu tidak akan lagi kerepotan mencari posisi yang tepat untuk memasukkan USB ini ke dalam sebuah port. Selain itu, para desainer USB type C telah membuat semacam fitur bunyi "klik" sehingga kamu yakin bahwa USB ini telah terpasang dengan baik.
Dengan kemudahan dalam penggunaannya, saya sarankan kamu membeli smartphone yang sudah menggunakan USB type C.

7. Slot Micro SD

Fitur yang terakhir ini meskipun sudah tidak asing lagi namun merupakan salah satu fitur yang harus ada pada smartphone.
Alasannya karena sekarang ini banyak sekali hal-hal yang perlu kita simpan dalam smartphone yang kita miliki, seperti video yang resolusinya bisa saja mencapai 4k sehingga memerlukan penyimpanan tambahan seperti kartu memori.
Bagi kamu yang hobi bermain game apalagi mengoleksi banyak game yang ukurannya besar, kamu juga perlu menyiapkan penyimpanan eksternal seperti kartu memori.
Jadi buat kamu yang akan menyimpan banyak data dalam smartphonemu, kamu harus mencari smartphone yang memiliki slot micro sd sehingga kamu bisa menambah kapasitas penyimpanan smartphonemu.
Itulah 7 fitur yang wajib ada pada smartphone masa kini, menurutmu fitur apa lagi yang perlu dimiliki oleh smartphone masa kini?

Sumber : idntimes