Referensi pihak ketiga
10Berita . Presiden jokowi berencana akan menggratiskan tarif tol Surabaya – Madura (Suramadu). Hal ini dipandang sebagai kebijakan politik jelang pilpres 2019.
Menurut pengamat politik asal Universitas Negeri Trunojoyo Bangkalan, Mochtar W Oetomo, dari kebijakan itu, Jokowi ingin menunjukkan bahwa dia tidak ingin kalah lagi di Madura saat Pilpres 2019 nanti.
Catatan tim kampanye daerah Jokowi-Ma'ruf Amin menunjukkan, perolehan suara Prabowo-Hatta se-Madura di Pilpres 2014 sebanyak 830.968 suara. Sementara Jokowi-JK berjumlah 692.631 suara. Itu berarti Prabowo-Hatta unggul 138.337 suara dari Jokowi-JK.
"Sebenarnya rencana pembebasan tarif tol Suramadu sudah 2 tahun lalu digagas Gubernur Soekarwo, namun baru sekarang akan dilaksanakan jelang pilpres. Saya rasa sangat politis sekali, Jokowi ingin menang di Madura," katanya, Rabu (24/10/2018) seperti dilansir dari detik.com.
Pembebasan tarif tol Suramadu sendiri, sebenarnya sebagai upaya mengurangi ongkos distribusi barang yang akan masuk dan keluar ke Madura.
Sumber : MYNEWS