Referensi pihak ketiga

Referensi pihak ketiga

Referensi pihak ketiga
Mulutmu adalah harimaumu, boleh jadi bagi pemimpin hal ini adalah hal yang sangat diperhatikan. Salah satunya adalah kasus janji kampanye yang pernah diucapkan Ridwan Kamil saat Pilkada 2018 lalu.
Seperti yang dilansir cnnindonesia dotcom (13/03) lalu, saat debat Pilgub Jabar, calon Gubernur nomor urut satu Ridwan Kamil. Pria yang masih menjabat Wali Kota Bandung itu menyatakan bakal tegas menutup Meikarta jika tak mematuhi hukum.
"Jika sesuai hukum tidak ada alasan tidak diterima, tapi kalau melanggar hukum dan prosedur pasti kami lawan," ujar Ridwan.
"Saya beberapa kali larang bangun apartemen di Bandung karena melanggar. Nah, sikap saya gitu ke Meikarta," kata pria yang karib disapa Kang Emil ini. 
Nah kebetulan saat ini seperti yang dilansir jabarsatu dotcom (26/10) diketahui, proyek Meikarta kini tersangkut kasus hukum atas suap izin pembangunan kepada Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin.
Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro, dua konsultan Lippo Group masing-masing Taryudi dan Fitra Djaja Purnama serta pegawai Lippo Group Henry Jasmen sebagai tersangka dugaan suap terkait pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi.
Billy dan rekan-rekannya diduga memberikan suap Rp7 miliar dari total “commitment fee” sebesar Rp13 miliar untuk mengurus banyak perizinan, di antaranya rekomendasi penanggulangan kebakaran, amdal, banjir, tempat sampat, hingga lahan makam yang diberikan melalui sejumlah dinas, yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dinas Lingkungan Hidup, Pemadam Kebakaran dan DPM-PTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.
Apakah RK akan bernyali untuk memenuhi janjinya saat Pilgub lalu? Ataukah dia akan termakan oleh harimaunya sendiri karena tak bernyali memenuhi janjinya untuk menutup Meikarta.
Kasus yang dihadapi RK ini banyak dibandingkan masyarakat dengan kasus Reklamasi Pantai Jakarta yang dihadapi Anies Baswedan.
Nah sementara AB telah berhasil menunjukkan komitmen dan janjinya terkait reklamasi, apakah RK pun akan menunjukkan hal yang sama?  
Sumber : UC News