10Berita, Hai kembali lagi. Sebelum membaca artikel silahkan klik tombol follow kuning di pojok atas. Terima kasih.
Isu proyek mobil Esemka kembali mencuat ke permukaan selama masa kampanye pilpres 2019 ini. Sang wapres petahana, Ma'aruf Amin lah yang membawa isu ini kembali.
Sang cawapres berujar jika proyek mobil nasional yang pernah gempar, Mobil Esemka yang pernah dirintis Jokowi akan meluncur bulan Oktober dan akan diproduksi secara massal atau besar besaran. Hal tersebut disampaikan Ma'aruf Amin saat berkampanye Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris), Jember, Kamis (27/09/2018)
Namun seperti yang sudah diduga banyak pihak bahwa kehadiran mobil ini kemungkinan hanya untuk mendongkrak nama pasangan. Pasalnya isu mobil ini hanya muncul 5 tahun sekali.
Bukannya tanpa sebab mengingat banyak sekali kejanggalan di dalamnya. Seperti Habibie yang mengatakan mobil Esemka hanya dolanan karena tidak dikerjakan dengan profesional. Hingga sang penggagas, Sukiyat yang mengatakan belum tahu kalau mobil akan diproduksi.
Bukan hanya berhenti di situ. Jika anda perhatikan beberapa model mobil yang diluncurkan sangat identik dengan mobil asal negeri tirai bambu, China. Inilah ketiga model tersebut.
1.Esemka Garuda
Mobil Esemka dengan nama model Garuda ini bisa dibilang sangat mirip dengan mobil asal China Fondai Landfort.
Esemka Garuda dan Fodai Landfort. Image Source : Otosia.com
Terlihat keduanya memiliki kedekatan dan nyaris identik mulai dari lampu spoiler, bentukan kaca belakangan, stop lamp hingga pintu. Selain itu, dua tail lamps merah yang dipasang pada bumper belakang pun nyaris serupa.
2.Esemka Digdaya
Mobil Esemka dengan model Pick-up ini sangat mirip dengan model mobil asal China, Fodai Xiongshi 22. Terlihat dari detil depan sampai bagian belakang.
Esemka Digdaya dan Fondai Xiongshi 22. Image Source : mobil123.com
Bagian belakang Mobil. Image Source : rakyatjakarta.com
3.Esemka Rajawali
Terakhir mobil Esemka dengan nama Rajawali ini, bisa dibilang sangat mirip dengan model mobil asal China, Fodai Explorer 6.
Esemka Rajawali dan Fondai Explorer 6. Image Source : infoindonesiakita.com
Esemka Rajawali dan Fondai Explorer 6. Image Source : Kompasiana.com
Melihat identiknya mobil Esemka tersebut dengan mobil luar negeri, bahkan bisa dikatakan hampir 90 persen identik. Wajar saja jika masyarakat masih mempertanyakan eksistensi mobil yang bisa dikatakan siluman ini.
Sumber : Otosia.com (10/10/2018) dengan olahan data penulis
Bagaimana menurut Ucers mengenai mobil Esemka yang identik dengan mobil China tersebut? Silahkan masukan pendapat kalian di kolom komentar yang tersedia di bawah.
Sumber :