Siti Zuhro (LIPI.go.id)
10Berita, Pengamat atau peneliti politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro mengatakan, status petahana tidak menjanjikan Jokowi akan unggul di pilpres 2019.
Selain itu Jokowi harus hati-hati, jangan sampai terjadi blunder yang bisa mengakibatkan ia terjungkal seperti Basuki Tjahaja Prunama (Ahok).
Sebagaimana dikutip dari laman web Politiktoday.com - Zuhro mempunyai pandangan Jokowi bukan tidak mungkin akan mengalami nasib sama seperti Ahok. Sebagaimana calon dari petahana, Ahok harus tumbang di DKI Jakarta pada periode kedua kala itu oleh Anies Baswedan.
Namun dengan tanda kutip, bahwa pilpres 2019 mendatang berlangsung secara bebas, jujur, dan adil. Akan tetapi, teori itu tak berlaku lagi jika ada kecurangan secara massif yang dilakukan oleh kubu petahana.
Oleh karena itu, peneliti senior LIPI ini menghimbau supaya petahana tak melakukan kecurangan pada kubu lawan. Karena menurut Zuhro, jika kecurangan itu dilakukan maka kekacauan bisa terjadi di negeri ini.
Termasuk pula kubu Prabowo-Sandiaga, jangan sampai melakukan hal tercela itu. Menurutnya, pesta rakyat atau demokrasi lima tahunan yang berlangsung secara aman, jujur, dan adil akan membuahkan hasil yang baik bagi masyarakat dan negara ini.
“Tidak ada juga jaminan Prabowo-Sandi akan menang kontestasi pilpres 2019 kan. Ya begitulah, jadi itu semua fair menurut saya,” Tukas Zuhro.
Sumber:
Pendapat pribadi
politiktoday.com