OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 11 Oktober 2018

Rutin Mengonsumsi Kopi Bikin Penglihatan Lebih Baik

Rutin Mengonsumsi Kopi Bikin Penglihatan Lebih Baik


(Foto: Huffington Post)
10Berita, Jakarta: Kopi memang dianggap dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Namun mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa kopi memiliki dampak tersembunyi yang tidak Anda sadari. Memang dampak tersembunyi dari meminum kopi berbeda-beda pada setiap individu.

1. Kopi tidak memberikan energi, tetapi menahan rasa kantuk

Mungkin ini terlihat seperti informasi dasar bahwa kopi dapat membuat Anda kurang merasa lelah. Menurut Matteo Franceschetti, pendiri dan CEO perusahaan teknologi tidur bernama Eight, "Kafein sebenarnya tidak membuat Anda bertenaga, sebaliknya kafein memblokir adenosine, zat kimia yang merupakan sinyal rasa kantuk pada reseptor di otak. Akibatnya, Anda keliru dan menganggap kafein meningkatkan energi."

2. Berapa banyak kopi menentukan tidur yang Anda butuhkan

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh perusahaan Franceschetti, yaitu Eight hasilnya menunjukkan bahwa ada hubungan yang jelas antara jumlah kopi yang Anda minum sepanjang hari dan jumlah tidur yang Anda butuhkan di malam hari.

"Jika Anda minum satu hingga dua porsi, Anda tidur rata-rata enam jam dan 45 menit, sedangkan jika Anda minum empat hingga enam porsi, Anda akan membutuhkan enam jam dan 22 menit."

3. Membuat kurang peka terhadap rasa sakit

Dalam penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Psychopharmacology, 62 orang dewasa diminta untuk melacak asupan kafein mereka selama tujuh hari berturut-turut. Dan hasilnya para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi lebih banyak kafein secara teratur membuat Anda kurang sensitif terhadap rasa sakit fisik.

4. Penglihatan Anda lebih baik

"Penelitian menunjukkan bahwa jika Anda minum kopi, pupil Anda mungkin akan sedikit membesar," ujar Marc Leavey, M.D., spesialis perawatan utama di Mercy Medical Center di Baltimore.

"Meskipun sedikit dan Anda tidak akan dapat melihatnya hanya dengan melihat ke cermin, tetapi Anda mungkin merasa bahwa penglihatan Anda terasa lebih baik."

Sumber :  Medcom.id