10BeritaDi masa kampanye seperti sekarang kedua pasang calon serta tim sukses masing masing tengah gencar melakukan kampanye guna mensosialisasikan visi dan misi kedua pasang Jagoannya.

Ma'aruf Amin saat berkampanye. Image Source : tempo.co
Seperti contohnya calon wakil presiden dari kubu petahana, Ma'aruf Amin. Sang cawapres berujar jika proyek mobil nasional yang pernah gempar, Mobil Esemka yang pernah dirintis Jokowi akan meluncur bulan Oktober dan akan diproduksi secara massal atau besar besaran. Hal itu disampaikan Ma'aruf Amin seperti yang dilansir tempo.co (29/09/2018).
"Bulan Oktober nanti akan diluncurkan mobil nasional bernama Esemka, yang dulu pernah dirintis oleh Pak Jokowi. Akan diproduksi besar-besaran," kata Ma'ruf Amin di Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris), Jember, Kamis (27/09/2018).

Referensi pihak ketiga
Sebelumnya cawapres Ma'aruf Amin menyampaikan hal tersebut di hadapan ratusan santri dan ulama Nahdlatul Ulama pondok Pesantren Nurul Islam, Jember.
"Nanti ke depan ada harapan tumbuh mobil nasional Nuris jadi tidak mustahil. Semua usaha juga dimulai dari kecil," tambah ketua MUI tersebut.
Sebelumnya sang inisiator mobil Esemka, Sukiyat, mengaku heran dengan pihak pihak yang masih menjatuhkan Jokowi dengan isu mobil Esemka. Atau minimal kelanjutan proyek tersebut.

Referensi pihak ketiga
“Jawaban untuk mobil Esemka itu, ya, Mahesa. Kok, Pak Jokowi dionyo-onyo (dicemooh) terus, ‘Mana Esemka, mana Esemka?’ Ya, Pak Jokowi enggak tahu,“ ujar Sukiyat
Mahesa memiliki nama resmi Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) dan sempat tampil di sebuah pameran. Mahesa merupakan terjemahan dari proyek panjang Esemka yang dikenalkan Jokowi saat masih menjadi Wali Kota Solo.
Mulai Januari 2019, mobil ini akan diproduksi 25 ribu unit oleh PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI), perusahaan yang didirikan Sukiyat. Diketahui Sukiyat saat ini menjabat presiden komisaris di perusahaan yang join dengan PT Astra International Tbk itu.
Sumber : tempo.co (29/09/2018) dengan olahan data penulis
Bagaimana menurut Ucers mengenai pernyataan Ma'aruf Amin mengenai mobil Esemka yang akan diluncurkan bulan depan. Silahkan masukan pendapat kalian di kolom komentar yang tersedia di bawah.
Sumber : UC News