Pemilik hak cipta: Ayo Membaca
10Berita - Keras hati adalah salah satu penyebab susahnya seseorang dinasehati termasuk dalam hal agama. Orang yang hatinya keras akan sangat sulit menerima nasehat orang lain meskipun mungkin di tahu bahwa nasehat itu adalah benar. Ketika hati sudah keras, badan akan merasa enggak atau malas untuk beramal.
Hati yang keras juga akan membuat seseorang mudah tersentuh sehingga menjadi orang yang acuh. Oleh sebab itulah dalam islam dianjurkan untuk melembutkan hati agar hati mudah menerima kebaikan serta nasehat dan dapat membuat orang memiliki akhlak yang baik. Dengan hati yang lembut inysaallah ibadah juga akan terjaga.
Lalu bagaimana cara agar hati bisa lembut? Pada tulisan kali ini admin akan memberikan obat mujarab untuk melembutkan hati yang lunak. Obat ini berasal dari nasehat seorang ulama besar bernama Syekh Abdul Qadir Jaelani. Dikutip dari buku ‘Nasehat Syaikh Abdul Qadir Jailani, karya Syaikh Shalih Ahmad Syami dijelskan bahwa untuk melembutkan hati dengan cara sebagai berikut:
Rendahkanlah hatimu dengan berdzikir. Ingatlah Dia ketika datangnya Hari Kebangkitan. Pikirkanlah nasibmu di alam kubur.
Pikirkanlah bagaimana Allah ‘Azza wa Jalla menghimpun manusia di padang Mahsyar, dan mereka berdiri di hadapan-Nya. Jika engkau memikirkan hal ini maka kekerasan hatimu akan hilang, ia akan menjadi lembut dan suci.
Menurut Syaikh Abdul Qadir, agar hati menjadi lembut dan rendah, maka sebagai muslim hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membiasakan diri berdzikir. Dzikir dapat melembutkan hati dan membuat manusia memiliki kedekatan dengan Allah. Merasa bahwa setiap detik hidupnya selalu diawasi Allah.
Selanjutnya adalah dengan sering mengingat kematian serta datangnya hari kebangkitan. Bahwa setiap perbuatan manusia kelak akan dihisab. Dengan sering memikirkan kematian dan hari kebangkitan manusia akan merasa takut. Bukan takut meninggalkan dunia namun takut jika amalannya masih sedikit dengan begitu semangat untuk beribadah dan beramal akan semakin naik.
Itulah obat untuk melembutkan hati yang keras menurut Syaikh Abdul Qadir Jaelani. Tentu tulisan ini tidak cukup hanya sekadar dibaca saja namun mari sam-sama kita lakukan dalam kehidupan nyata. Salam membaca dan salam inspirasi!
Referensi:
kisahislam.net/2013/03/20/obat-kekerasan-hati/