OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 14 November 2018

PSI Dipuji Jokowi Sebagai ‘Unicorn’ Politik, Pengamat: Tinggal Dibuktikan

PSI Dipuji Jokowi Sebagai ‘Unicorn’ Politik, Pengamat: Tinggal Dibuktikan

Jajaran anggota Partai Solidartas Indonesia bersama Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. (Dok. Instagram Grace Natalie/far)
10Berita, Jakarta,  - Kiprah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam politik nasional tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab, kehadiran partai yang dipimpin Grace Natalie ini memiliki faktor pembeda dari partai-partai lain yang sudah ada.
Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN), Adi Priyatno menyebutkan, salah satu faktor pembeda tersebut adalah upaya PSI dalam memantik generasi muda untuk terlibat aktif di dunia politik. Tidak berlebihan jika petahana Jokowi bahwa menyebut PSI sebagai ‘unicorn’ politik anak muda.
“Tentu ini menjadi angin segar sekaligus tantangan untuk pembuktian diri,” jelas Adi saat dihubungi, Selasa (13/11).
Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini menambahkan, istilah unicorn juga bisa disematkan kepada Jokowi sendiri karena lahir dari sistem politik baru yang masih dihuni wajah-wajah lama. Tagline politik Jokowi seperti "kerja-kerja" dan "blusukan" merupakan bagian dari politik yang baru tersebut.
“Dengan kata lain terpilihnya Jokowi jadi presiden karena rakyat mau ada sosok baru dalam kepemimpinan nasional,” terang dia.
Sebelumnya, calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyebut PSI tengah menjadi 'Unicorn' dalam dunia politik Indonesia. Pernyataan ini berangkat dari keberhasilan PSI yang menjadi pembeda dalam menggaet suara milenial.
Reporter: Wem Fernandez
Editor: Hidayat Adhiningrat P ini tidak mewakili pandangan UC
Sumber : Gatra.com