OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 30 Desember 2018

Debat Perdana Capres Bertepatan Magrib, Warganet: Bukankah Kontestannya Muslim Semua?

Debat Perdana Capres Bertepatan Magrib, Warganet: Bukankah Kontestannya Muslim Semua?

Jadwal debat perdana capres-cawapres.

10Berita  - Ada yang aneh dalam jadwal debat perdana calon presiden dan calon wakil presiden RI. Kabarnya, acara itu dimulai bertepatan waktu salat magrib di Jakarta dan sekitarnya.
Dalam poster debat yang beredar di media sosial, debat pertama berlangsung pada Kamis petang (17/1/2019) dimulai pada pukul 18.00 WIB.
Dalam poster tersebut disebutkan bahwa debat perdana ini akan disiarkan tiga stasiun televisi plus Radio Republik Indonesia (RRI). Tiga stasiun televisi dimaksud yakni TVRI, Kompas Tv, dan Rajawali Tv (RTV).
Hingga Minggu (30/12/2018), Rakyatku.com belum berhasil mengontak penyelenggara maupun stasiun televisi yang akan menyiarkan langsung acara tersebut.
Namun, beberapa warganet sudah mulai meributkan jadwal tersebut. Beberapa di antaranya mengaku heran mengapa jadwal debat digelar bertepatan waktu salat magrib. Padahal, kontestan Pilpres semuanya muslim.
"Ini kenapa debatnya pas jam magrib??? Tidak ba'da isya saja biar semua bisa menyaksikan. Ini acara penting loh, harus masuk prime time. Lagian, paslon dan semua muslim yang hadir kan harus salat," cuit pemilik akun @Hilmi.
Seperti diketahui dua pasangan capres-cawapres memainkan narasi Islam dalam meraih simpati pemilih. Prabowo-Sandi menjual status sebagai pasangan yang mendapat rekomendasi ulama.
Jokowi lebih kentara lagi. Selain sering dicitrakan menjadi imam salat berjemaah belakangan ini, dia juga menggandeng Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Ma'ruf Amin sebagai wakilnya.
Sesuai rancangan KPU RI, debat capres dan cawapres akan digelar lima kali. Seluruhnya berlangsung di Jakarta. Kesepakatan tersebut dicapai dalam rapat tertutup finalisasi debat capres-cawapres bersama tim pemenangan kedua pasangan calon di Jakarta, Rabu (19/12/2018).
"Kami sudah menyepakati debat sebanyak lima kali. Hanya debat kelima yang belum ditentukan jadwal pelaksanaanya, serta tempat digelarnya debat belum ditentukan," kata Ketua KPU Arief Budiman seusai rapat.
Setelah debat pertama pada 17 Januari 2019, selanjutnya debat kedua pada 17 Februari 2019. Debat ketiga diagendakan pada 17 Maret 2019 disusul debat keempat pada 30 Maret 2019. Terakhir, debat digelar pada April 2019.
Debat pertama mengangkat tema hukum, HAM, korupsi dan terorisme. Debat kedua mengenai energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup dan infrastruktur. Kemudian, debat ketiga tentang pendidikan, kesehatan, tenaga kerja, sosial dan budaya.
Debat keempat mengenai ideologi, pemerintahan, pertahanan keamanan dan hubungan internasional. "Sedangkan debat kelima mengenai ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, perdagangan dan industri," kata Ketua KPU RI, Arief Budiman.
Berikut jadwal lengkap debat capres-cawapres 2019:
1. Debat Pertama (capres-cawapres vs capres-cawapres): TVRI, RRI, Kompas TV dan RTV.
Tema Debat: Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme
Tanggal dan Tempat: 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara
2. Debat Kedua (capres-capres): RCTI, GTV, MNC TV dan iNews TV.
Tema Debat: Energi dan Pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, dan Infrastuktur.
Tanggal dan Tempat: 17 Februari 2019 di Hotel Sultan
3. Debat Ketiga (cawapres-cawapres): Trans TV, Trans 7 dan CNN Indonesia TV.
Tema Debat: Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan serta Sosial dan Kebudayaan.
Tanggal dan Tempat: 17 Maret 2019 di Hotel Sultan
4. Debat Keempat (capres-capres): Metro TV, SCTV dan Indosiar.
Tema Debat: Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan serta Hubungan Internasional.
Tanggal dan Tempat: 30 Maret 2019, tempat belum ditentukan.
5. Debat Kelima (capres-cawapres vs capres-cawapres): tvOne, ANTV, BeritasatuTV dan NET TV.
Tema Debat: Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi serta Perdagangan dan Industri.
Tanggal: Tanggal dan tempat belum ditentukan.
Sumber : RAKYATKU.COM