10Berita, Cawapres Sandiaga Uno ini terkenal sebagai seorang pengusaha yang sukses dan telah berhasil menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia, jadi tidak perlu diragukan lagi kemampuan Sandi dalam hal ekonomi.
nasional.kompas.com
Saat ini Sandiaga sangat percaya diri sebagai Cawapres Prabowo mampu mengungguli elektabilitas Jokowi, ini karena Sandi merasa di era Jokowi ini Indonesia mengalami ekonomi yang lesu, hutang Indonesia makin bertambah, untuk itu Sandiaga berjanji jika terpilih pada pemilu 2019 nanti, dirinya siap melaksanakan pembangunan namun tanpa ngutang.
Dilansir dari laman viva.co.id (09/12/2018) Sandiaga ingin, utang buat proyek infrastruktur ditekan seminimal mungkin agar tak membebankan kas negara.
"Jadi insya Allah kita bangun infrastruktur dan segi-segi ekonomi tanpa membebani utang kita," kata Sandiaga di kawasan Jakarta Selatan, kemarin
Sebagai sesama pengusaha yang sukses, Ketua Tim Pemenangan Jokowi- Ma'ruf Amin, erick Thohir mempertanyakan janji Sandiaga yang dinilai kurang rasional, karena menurut Erick, membangun sesuatu butuh modal dan utang.
news.okezone.com
Erick akui ide Sandi bikin dirinya heran dan lantas ingin belajar dari Sandiaga bagaimana mekanisme cara pelaksanaan pembangunan infrastruktur namun tanpa utang.
"Kalau saya sebagai pengusaha biasanya dalam berbisnis ada modal dan utang. Cuma kalau dari Pak Sandi membangun sesuatu tanpa utang mungkin saya ingin ketemu juga, saya ingin belajar," kata Erick usai memberi pembekalan relawan Jokowi-Ma'ruf di Jakarta Pusat, Minggu (9/12/2018).
Mungkin Erick Thohir kaget melihat ide gila Sandi, untuk itu dirinya tidak mau gegabah meski memiliki latar belakang yang sama dengan Sandi, Erick memilih berdiskusi kepada sesama pengusaha lainnya mengenai janji Sandi bangun infrastruktur tanpa utang.
"Nanti saya coba bicarakan dengan teman-teman saya, Rosan yang pengusaha juga, Muhammad Lutfi yang pengusaha juga, Bahlil yang pengusaha juga, nanti saya coba mau diskusi, kita undang bagaimana membangun usaha tanpa utang," ujar Erick.
"Realitanya ini kalau dalam usaha itu ada modal dan ada utang, biasanya. Kalau yang tanpa utang sama sekali, sungguh menarik. Nanti kita coba undang diskusi dengan para pengusaha, coba kita lihat paparannya. Menarik itu, kita ingin belajar," tutupnya.
Pertarungan menarik antar sesama pelaku bisnis adu gagasan, mana yang lebih rasional dan mana yang lebih kreatif antara Sandiaga Uno dengan Erick Thohir.
Apakah Erick Thohir kalah sebelum berperang dengan mengatakan ingin belajar dari Sandiaga?
news.detik.com
Dilansir dari laman news.detik.com (09/12/2018) Andre Rosiade Jubir BPN Prabowo - Sandiaga menjelaskan ucapan janji Sandiaga yang ingin membangun infrastruktur tanpa membebani anggaran dengan utang, menurutnya melalui mekanisme tax ratio.
"Memang kita punya keyakinan bahwa kita bisa membangun tanpa berutang. Caranya bagaimana, banyak cara. Salah satunya itu, Pak Prabowo dan Bang Sandi punya kebijakan tax ratio," kata Andre saat dihubungi detikcom, Minggu (9/12/2018).
Tax Ratio dalam hal ini bukan menaikkan pajak melainkan menurunkan tarif pajak, hal ini juga pernah dilakukan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, Vladimir Putin menurunkan pajak penghasilan dari 80% menjadi 13%, dan ajaibnya pendapatan pajak Rusia bisa bertambah 3 - 6 kali naiknya.
"Waktu itu pajak penghasilan di Rusia itu 80 persen, Presiden Rusia Vladimir Putin menurunkan menjadi 13 persen, yang terjadi apa, yang terjadi malah pajak di Rusia itu naik 3 sampai 6 kali naiknya. Nah itu yang akan dilakukan Pak Prabowo," ujar Andre.
Kira -kira masuk akal tidak ya penjelasan Jubir BPN Prabowo - Sandiaga mengenai janji Sandi membangun infrastruktur tanpa ngutang, untuk lebih jelasnya mari kita tunggu saja debat program mereka nanti, manakah yang lebih rasional.
Sumber:
  • News.okezone.com/read/2018/12/09/605/1988826/erick-thohir-akui-ingin-belajar-dari-sandiaga-soal-pembangunan-infrastruktur-tanpa-utang
  • www.viva.co.id/berita/politik/1101848-sandi-janji-bangun-infrastruktur-tanpa-utang-erick-thohir-mau-belajar