Ilustrasi (Sumber: Referensi pihak ketiga)
10Berita  Rasulullah menceritakan ada seorang lelaki yang dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga karena ketauhidannya. Saat itu, Allah memerintahkan para malaikat untuk menunjukkan dosa-dosa kecilnya dan menyembunyikan dosa-dosa besarnya.
Salah satu yang mendapat tugas berkata kepada lelaki tersebut, ”Pada hari ini, engkau telah melakukan ini.” Dan seterusnya. Semua dosa yang disebutkan pun diakuinya. Hanya saja saat itu, dia merasa takut jika dosa-dosa besarnya juga ditunjukkan.
Namun, ketika para malaikat berkata, ”Sesungguhnya di setiap tempat keburukan ada kebaikan untukmu.” Seketika itu pula, keadaannya berubah. Dia segera mengakui dosa-dosa besar itu. Harapannya agar tempat dosa-dosa besar itu terisi dengan berbagai kebaikan. Saat itu, dia berkata, ”Ya Tuhanku, aku telah melakukan ini dan ini, tapi aku melihatnya.
Bahkan, saat menuturkan kisah ini, Rasulullah saw tertawa sampai gigi gerahamnya terlihat. Rupanya beliau terpikat dan terkagum dengan kisah ini. Pasalnya, saking takutnya dosa-dosa besarnya ditunjukkan, lelaki itu langsung menanyakannya, mengapa dosa-dosa tersebut tidak tercantum dalam lembaran-lambaran catatan amalnya. Mahasuci Dia yang Maha Luas rahmat-Nya dan meliput segala sesuatu.
Sumber: Diambil dari Buku Berjudul Mutiara Hadits-Hadits Kisah 'Menyimak Nabi bercerita tentang hal-hal gaib dan bocoran masa depan manusia' Karya Dr. Umar Sulaiman al-Asyqar