OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 28 Desember 2018

Trump: Tiap Tahun Kami Hibahkan Rp 65 Triliun ke Zionis Israel

Trump: Tiap Tahun Kami Hibahkan Rp 65 Triliun ke Zionis Israel

10Berita  – Amerika Serikat (AS) membayar triliunan rupiah per tahun untuk keamanan Israel. Karenanya, Israel tidak perlu khawatir kehilangan pengaruhnya di Timur Tengah setelah AS menarik pasukannya dari Suriah.
“Saya berbicara dengan Bibi (Benjamin Netanyahu). Saya memberi tahu Bibi, Anda tahu kami memberi Israel Rp65,5 triliun setahun. Dan mereka melakukannya dengan sangat baik dalam membela diri mereka sendiri,” ujar Presiden AS Donald Trump kepada wartawan dalam perjalanan kembali dari Irak setelah melakukan kunjungan kejutan ke tentara AS di sana.
“Kami akan sangat memperhatikan Israel. Israel akan menjadi baik,” imbuh Presiden AS menambahkan, menjawab pertanyaan tentang bagaimana pengunduran dirinya yang diumumkan dari Suriah akan berdampak pada Israel.

“Dan kami terus terang memberi, lebih dari itu, jika Anda melihat buku-buku itu,” tukasnya seperti dikutip dari RT, Kamis (27/12).
Israel menjadi negara penerima bantuan luar negeri AS terbesar sejak Perang Dunia II. Selama masa kepresidenan Barack Obama Israel mendapatkan paket bantuan militer senilai Rp553 triliun selama 10 tahun ke depan. Jumlah ini, bagaimanapun, kurang dari Rp65,5 triliun per tahun yang dicari Netanyahu. Tahun lalu, bantuan AS untuk Israel berjumlah hampir Rp46,6 triliun dan diperkirakan akan meningkat begitu kesepakatan baru dimulai pada tahun anggaran 2019.
Selama bertahun-tahun, negara Yahudi itu telah menggunakan dana AS untuk membangun kemampuan militernya dan sekarang merasa yakin dengan kemampuannya untuk melindungi kepentingannya di kawasan.


Sumber :