OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 04 Desember 2018

Turis Cina Jadi Fenomena Global Juga Alat ‘Politik’

Turis Cina Jadi Fenomena Global Juga Alat ‘Politik’

10Berita – Semakin meningkatnya jumlah turis Cina yang melakukan perjalanan internasional memberi pengaruh bagaimana transaksi pembayaran yang dilakukan dan penjualan paket wisata.
Jumlah wisatawan Cina per tahun diperkirakan akan meningkat menjadi 400 juta pada tahun 2030.
Pengeluaran wisatawan Cina bisa menguntungkan ekonomi lokal, tetapi juga digunakan sebagai “pengaruh global” oleh Pemerintah Cina.
Beijing telah “menggunakan kartu pariwisata” dan menghukum negara-negara lain dengan membatasi warganya untuk bepergian kesana.
Namun beberapa pengamat juga mengkhawatirkan bahwa perjalanan turis Cina ini digunakan sebagai ‘alat politik’.
Menurut Institut Outbound Tourism China, pada tahun 2017, ada 145 juta turis Cina yang melakukan perjalanan ke luar negeri, menghabiskan pengeluaran sebesar US$ 1,1 trilyun (atau setara Rp 21 kuadriliun) secara global.
Jumlah tahunan wisatawan Cina diperkirakan akan terus tumbuh dengan perjalanan ke luar negeri diperkirakan hampir tiga kali lipat hingga 400 juta pada tahun 2030.
Menurut Organisasi Pariwisata Dunia PBB turis Cina mencapai 21 persen dari pengeluaran perjalanan global 2018 sejauh ini.
Angka-angka ini bisa sangat menguntungkan ekonomi lokal, tetapi para analis berpendapat itu juga bisa digunakan oleh pemerintah Cina sebagai “pengaruh global”.


Sumber : Eramuslim