Referensi pihak ketiga
Dunia baru saja sibuk dengan mempersiapkan teknologi kecepatan data 4G ke 5G namun ada yang bikin geger dunia karena china sudah memperkenalkan gebrakan baru yaitu mampu ciptakan 6G yang jauh lebih cepat dari 5G.
Negeri Tirai Bambu tersebut ternyata memulai dan mengembangkan program penelitian 6G, yang direncanakan akan diperkenalkan pada waktu 12 tahun mendatang. China sendiri saat ini telah menguji dan memulai mempersiapkan 6G awal tahun ini. 
Namun, tidak mengharapkan jaringan komersial itu dapat dinikmati sampai hingga akhir dekade berikutnya.Tim riset dan ilmuwan China memang sedang sibuk dengan proyek terbarunya yaitu mengerjakan 6G pada 2020, dengan tanggal rilis komersial dapat diperkenalkan pada 2030.
Referensi pihak ketiga
Seperti yang dilansir dari viva.co.id (26/11/2018) jaringan seluler generasi keenam ini nantinya mampu memberikan kinerja kecepatan download hingga 1Tbps dan tingkat latensi seketika. Walaupun saat ini nampaknya belum dapat dipastikan pihak mana yang nantinya akan membutuhkan kecepatan koneksi tercepat 1Tbps ini, pertumbuhan dalam penggunaan teknologi modern Internet of Things (IoT) industri, diperkirakan nantinya mampu untuk melampaui kemampuan 5G dalam satu dekade saja.
Teknologi 5G merupakan sebuah istilah yang dipakai untuk menyebut generasi kelima dari berbagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler yang sudah melebihi standar 4G. 5G ini memnag saat ini direncanakan akan dirilis untuk sistem operasi seluler tepatnya pada tahun 2020. 
Ada beebrapa keunggulan yang nantinya di berikan oleh koneksi 5G dibanding generasi pendahulunya, antara lain; kecepatan data lebih signifikan, mempunyai transfer data dari satu telepon ke telepon lain dengan kecepatan extra cepat yaitu sampai satu milidetik saja, Dan juga mampu terkoneksi dengan alat seperti telepon, mobil, dan peralatan rumah tangga modern.
Referensi pihak ketiga
Referensi:
  • Viva.co.id
  • OsTekno.com