OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 23 Januari 2019

IMF Sarankan Pemerintah Kurangi Utang



IMF Sarankan Pemerintah Kurangi Utang

Pengurangan utang pemerintah bisa memberikan ruang untuk melawan penurunan ekonomi.



The Bali Fintech Agenda, IMF

10Berita, Dana Moneter Internasional (IMF) menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global menjadi 3,5 persen di tahun ini dari sebelumnya 3,7 persen. Lembaga keuangan internasional ini menyatakan risiko ketidakpastian semakin meningkat dan menyebabkan volatilitas yang tinggi di pasar keuangan.
Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde menuturkan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan negara untuk menekan risiko tersebut. Salah satunya adalah mengurangi utang pemerintah.
Madam Lagarde berpendapat, pengurangan utang pemerintah bisa memberikan ruang untuk melawan penurunan ekonomi. Namun hal ini harus dilakukan secara fleksibel dan lebih elastis, agar pengurangannya justru tak semakin menurunkan perekonomian pada negara tersebut.
"Mengurangi utang pemerintah yang tinggi akan membuka ruang yang dibutuhkan untuk melawan penurunan di masa depan. Tetapi ini harus dilakukan dengan cara yang adil dan ramah pertumbuhan," ujar Lagarde dalam keterangan resmi, Selasa (22/1).
Sementara dari sisi moneter, kebijakan juga harus dilakukan berdasarkan data independen. Kebijakan makroprudensial dinilai bisa memberikan sedikit angin segar bagi sektor keuangan.
"Mengembangkan perangkat makroprudensial akan membantu sektor keuangan agar siap secara memadai. Ini juga tetap menjadi waktu pengingat bagi reformasi ekonomi untuk mengangkat pertumbuhan, terutama di pasar tenaga kerja dan investasi infrastruktur," jelasnya.



Penutupan Annual Meeting, IMF-World Bank 2018, Nusa Dua, Bali

Revolusi di industri digital juga harus dipastikan menambah produktivitas dan pertumbuhan dalam jangka panjang. Revolusi digital ini juga harus memberikan hasil bagi masyarakat, termasuk yang kehilangan pekerjaan akibat otomatisasi.
"Maka kita harus memastikan bahwa itu memberikan hasil bagi orang-orang. Ini termasuk membantu pekerja yang kehilangan tempat tinggal karena otomatisasi, dan menciptakan peluang baru dan lebih baik bagi perempuan dan kaum muda," kata Lagarde.
Terkahir yang tak kalah penting adalah kolaborasi dan kerja sama internasional. Lagarde menuturkan, sistem perdagangan global juga harus diselesaikan secara bersama-sama.
"Jadi mari kita gandakan upaya kita untuk menyelesaikan masalah bersama, mulai dari memperbaiki sistem perdagangan global, memerangi korupsi dan penggelapan pajak, hingga mengatasi ancaman eksistensial dari perubahan iklim," katanya.
Dengan berbagai cara tersebut, Lagarde yakin penurunan ekonomi global dapat dijalani dengan lebih baik.
"Tujuannya adalah agar kita berada dalam posisi yang lebih baik untuk penurunan, tetapi juga untuk perkembangan ekonomi yang tidak terduga," tambahnya.

Sumber : Kumparan