OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 04 Januari 2019

Ini yang diharapkan Anies Baswedan dari Calon Wakil Gubernur Pengganti Sandiaga Uno

Ini yang diharapkan Anies Baswedan dari Calon Wakil Gubernur Pengganti Sandiaga Uno

10Berita  JAKARTA—Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tidak mempersalahkan siapapun yang diajukan oleh Partai Keadilan Sejahtera untuk menjadi wakilnya. Namun, Anies berharap, calon wagubnya itu taat kepadanya untuk menjalankan janji kampanye saat berpasangan dengan Sandiaga Uno dulu.
“Selebihnya taat pada gubernur, karena memang fungsinya mendukung,” kata Anies di Jakarta, Kamis, (3/1/2019).
Anies menerangkan, saat ini PKS telah mengajukan tiga nama kandidat wagub DKI. Namun, ada proses eliminasi sesuai aturan yang menyatakan DPRD DKI hanya memilih dua nama yang akan diajukan oleh Gubernur DKI, Anies Baswedan.

“Nah kesepakatan itu sudah dijalani. Artinya, tanda-tanda mereka bisa menghasilkan dua nama itu makin terlihat,” ujarnya.
PKS sendiri sebelumnya mengajukan nama mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu, Sekretaris DPW PKS Jakarta Agung Yulianto, dan Dewan Syariah Wilayah PKS DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi kepada Partai Gerindra.
Ketiga kandidat itu selanjutnya akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan bersama tim yang dibentuk oleh Gerindra dan PKS.
Nantinya, akan dipilih dua nama oleh tim penguji untuk diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jakarta pada 25 Januari 2019. Selanjutnya, DPRD akan melakukan voting untuk memutuskan Wakil Gubernur baru DKI Jakarta.

Siapapun yang terpilih, Anies berharap calon partner-nya di DKI nanti tidak membawa agenda sendiri, tetapi mengikuti agenda yang sudah ditetapkan oleh gubernur dan ada di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2018-2022 (RPJMD). []

SUMBER: TEROPONG SENAYAN