OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 25 Februari 2019

Jokowi Pamer Program Dana Desa, Rizal Ramli: Overclaim

Jokowi Pamer Program Dana Desa, Rizal Ramli: Overclaim

10Berita  - Ekonom senior Rizal Ramli menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlalu mengklaim berlebihan atau overclaim soal program dana desa yang kerap dibanggakannya.

Kritik Rizal Ramli merespon pidato Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 01 itu di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2/2019).

"Misalnya Presiden Widodo terlalu jumawa yang katakan dana desa dimulai sejak Jokowi. Maaf, dana desa itu amanat UU Desa, alokasi dana desa lebih dari Rp 1 miliar per desa yang disahkan 2013," kata pria yang akrab disapa RR itu dalam pernyataan pers di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (25/2/2019).

Dia mengatakan, UU Desa sudah diperjuangkan sejak 2011 yang memakan waktu 3 tahun hingga akhirnya disahkan.

"Kok bisa-bisanya Pak Jokowi bilang dimulai dari dia alokasi dana desa. Kalau tak ada UU, Presiden Widodo tak bisa bagi-bagi uang, itu bisa kena tuduhan korupsi. Tapi karena ada UU itu Pak Jokowi bisa laksanakan ini," paparnya.

Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman itu pun menyayangkan sikap Jokowi yang disebut over claim.

"Jadi kebiasaan untuk overclaim dan sekaligus meniadakan prestasi orang lain ini sikap kurang ksatria," tambahnya.

Seperti diketahui, dalam pidatonya kemarin, hingga 4 tahun pemerintahan Jokowi, dia menyebutkan sudah menggelontorkan dana desa hingga Rp 187 triliun.

"Empat tahun dana desa sudah mencapai Rp 187 triliun, jalan dan jembatan desa terbangun, air bersih, sanitasi meningkatkan ekonomi desa berkembang, pendapatan desa meningkat, pengangguran di desa turun," jelas Jokowi.
sumber: detik