OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 04 Februari 2019

Keindahan Masjid Sheikh Zayed di UEA

Keindahan Masjid Sheikh Zayed di UEA


10Berita  : Masjid Sheikh Zayed adalah yang terbesar ketiga di dunia setelah masjid-masjid di Mekah dan Madinah di Arab Saudi.
Masjid ini dinamai setelah pendiri dan Presiden pertama Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Zayed Bin Sultan Al-Nahyan yang mempengaruhi desain dan makna di balik masjid. Sheikh Zayed ingin masjid dibangun 11 meter di atas permukaan laut dan 9,5 meter di atas permukaan jalan sehingga dapat terlihat jelas dari arah mana jamaah melakukan perjalanan.

Masjid di malam hari
Terletak di jantung kota Abu Dhabi, itu juga merupakan tempat pemakaman pendirinya Sheikh Zayed yang meninggal pada tahun 2004.
Pembangunan masjid dimulai pada tahun 1996 dan menelan biaya $ 545 juta. Butuh 38 perusahaan kontraktor dan sekitar 3.500 pekerja untuk menghidupkan arsitektur yang memukau dalam upaya selama 12 tahun.
Masjid akhirnya siap untuk dibuka pada 2007.

Pemandangan masjid yang indah
  • Kompleks ini meliputi area seluas 22.412 meter persegi
  • 33.000 ton baja dan 250.000 meter persegi beton digunakan dalam pembangunannya
  • Halaman ini memiliki total 1.048 kolom
  • 82 kubah menghiasi masjid
  • Kubah utama adalah kubah masjid terbesar di dunia berukuran 85 meter dan lebar 32,8 meter
  • Masjid ini dapat menampung hingga 41.000 jemaah sekaligus dengan 7.126 di aula utama

Keajaiban arsitektur

Masjid ini dibangun sebagai keajaiban arsitektur yang menggabungkan gaya artistik Islam modern dan klasik. Eksterior putihnya yang indah semuanya berkat finishing marmer putih Yunani dan Italia yang dianggap sebagai yang paling murni di dunia; sebuah anggukan, tidak diragukan lagi, kemurnian yang diproyeksikan akan berdiri sebagai tempat ibadah.
Desain kaligrafi interior masjid adalah karya seniman global yang diawasi ketat oleh kaligrafer dari Uni Emirat Arab, Suriah dan Yordania. Desain kaligrafi yang menutupi permukaan masjid berisi ayat-ayat dari Al-Quran dan ditulis dalam tiga jenis kaligrafi Arab, semua ditenun dengan indah menjadi desain yang luar biasa.

Eksterior masjid
Berukuran 17.000 meter persegi, halaman ditutupi seluruhnya oleh mosaik yang menyediakan ruang terbuka yang menawarkan yang terbesar di seluruh dunia.
Masjid ini diterangi oleh tujuh lampu kristal Swarovski berlapis emas yang memiliki salah satu pengkilap terbesar di dunia.

Lampu gantung masjid

Permadani kerajaan

Karpet yang merinci lantai masjid adalah yang terbesar di dunia, berukuran lebih dari 5.625 meter persegi. Didesain menggunakan 35 ton wol dan 12 ton kapas oleh 1.300 pengrajin Iran, karpet bernilai sekitar $ 8 juta.

Di dalam masjid
Warna hijau mendominasi 25 warna alami yang menghiasi karpet dan dipilih karena itu adalah warna favorit almarhum Sheikh Zayed. Bagi para penyembah, garis-garis horizontal menyejajarkan posisi doa yang dirancang sedemikian rupa sehingga tidak terlihat dari kejauhan.
Bangunan ini harus dilihat oleh siapa pun, bangunan ini akan membuat pengunjung kagum akan kebesaran, tetapi juga santai dengan ketenangannya.

Sumber : MEMO | Redaktur :Kunjungi website