OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 20 Februari 2019

Parah, Jokowi Dianggap Tak Paham Bedakan HGU dan Hak Milik

Parah, Jokowi Dianggap Tak Paham Bedakan HGU dan Hak Milik



10Berita  - Wakil Ketua Umum PAN M Hanafi Rais di Jakarta, Selasa (19/2), menilai calon presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menguasai hukum negara khususnya soal agraria akibat mengungkap penguasaan lahan Hak Guna Usaha (HGU) oleh Prabowo Subianto di Kalimantan dan Aceh.

“Jadi kalau mengatakan Pak Prabowo memiliki tanah sekian hektare itu seperti yang di debat itu, dia sebenarnya enggak paham negara,” tambah Hanafi.

Pria yang menjabat Wakil Ketua Komisi I DPR ini juga menyatakan tidak mungkin Jokowi salah diberikan data oleh pembantunya. Sehingha kesalahan itu murni dari pikirannya dia sendiri.

“Jadi secara mendasar kesalahan itu sudah berangkat dari pikirannya Jokowi sendiri. Dia nggak paham soal tata kelola hutan, tidak paham soal tata kelola agraria. Jadi saya kira itu sumber masalahnya,” tutur Hanafi.

Dia menjelaskan bahwa Hak Guna Usaha (HGU) itu beda dengan Hak Milik. Jadi lahan ratusan ribu hektare itu bukan milik perorangan Prabowo melainkan perusahaan

“Bagi saya kesalahan itu justru yang paling mendasar ada di Jokowi sendiri karena HGU itu bukan milik perseorangan kan,” demikian Hanafi.[ian/rml]

Sumber : Konfrontasi