OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 02 Maret 2019

Haris Azhar: Perwira TNI Dimasukkan Kementrian Supaya Memihak Rezim

Haris Azhar: Perwira TNI Dimasukkan Kementrian Supaya Memihak Rezim

10Berita , Jakarta – Direktur Lokantaru Foundation, Haris Azhar mengatakan bahwa wacana memasukkan TNI ke instansi jabatan sipil adalah cara agar perwira TNI mau berpihak kepada penguasa.
“Menurut saya itu cuma cara politis untuk membuai, berusaha menina bobokan pejabat-pejabat tinggi di TNI untuk mau berpihak kepada rezim,” ucap Haris, Jum’at (01/03/2019) di kantor KontraS, Kwitang, Senen, Jakarta Pusat.
Sebelumnya ramai diberitakan Presiden Joko Widodo akan segera merestrukturisasi TNI memastikan bahwa restrukturisasi TNI akan segera dilaksanakan. Salah satu rencananya yaitu memasukkan perwira TNI ke dalam jabatan di kementrian.
Mengenai akan hal itu, Haris berharap pada para perwira yang ditunjuk presiden untuk menduduki jabatan sipil untuk tidak dengan mudah menerima wacana tersebut.
“Mudah-mudahan institusi TNI, meskipun panglima TNI ditunjuk oleh presiden, tapi dibawah itu meskipun jenderal-jenderalnya ditunjuk oleh presiden tidak dengan serta merta mau membeli ide itu,” kata Haris.
Haris Azhar yang juga dikenal sebagai aktivis HAM ini menyampaikan jika para perwira TNI mau menolak wacana Presiden Jokowi tersebut, maka itu sangat mudah. Ia menekankan, jika mereka bersuara, wacana tersebut tidak akan terimplementasi.
“Kalau mereka bisa bersuara hari ini terhadap ide tersebut, menurut saya tidak akan susah ide ini tidak bergulir jauh,” ujarnya.

Sumber  : Kiblat.