OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 11 Maret 2019

Jokowi Juga Bakal Gaji Pengganguran Lulusan SMP

Jokowi Juga Bakal Gaji Pengganguran Lulusan SMP




10Berita, - Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) kembali menjanjikan masyarakat khususnya anak-anak muda lulusan SMK/SMA, SMP, dan universitas bisa mendapatkan insentif honor dari pemerintah. Khususnya bagi yang belum mendapatkan pekerjaan.

Di hadapan relawan, Jokowi membeberkan ada tiga kartu sakti yang disiapkan menjadi stimulus bagi masyarakat. Itu pun dengan catatan jika terpilih lagi pada periode 2019-2024.

"Terakhir, saya ingin kenalkan kartu-kartu. Kita sekarang punya 3 kartu," kata Jokowi saat acara Parahyangan Bersatu, Silaturahmi Tokoh Masyarakat dan Relawan Balad Jokowi di Villa Istana Bunga, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (10/3/2019).

Pertama, kata Jokowi, adalah kartu Pra-Kerja. Kartu ini bisa dimanfaatkan para anak muda yang baru lulus SMK/SMA, SMP, dan universitas dengan kriteria tertentu dan belum mendapatkan pekerjaan.

"Kartu Pra-Kerja yang lulus SMA, SMK, yang lulus SMP, atau yang lulus universitas, yang lulus akademi yang belum dapat kerja, tolong cari kartu Pra- Kerja dulu," kata Jokowi.

Jika mendapatkan kartu ini, nantinya pemerintah akan memberikan pelatihan keterampilan sesuai kebutuhan dunia usaha. Pelatihannya pun bisa di dalam negeri maupun luar negeri. Hingga pemberian insentif dana.

"Nah sebelum mendapatkan pekerjaan, selama kurun waktu tertentu tapi belum diputuskan, apakah enam bulan dan setahun akan diberikan insentif honor," tambahnya.

Selanjutnya KIP kuliah, Jokowi menjelaskan kartu ini diperuntukkan bagi lulusan SMK/SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perturuan tinggi namun tidak memiliki cukup dana.

Sedangkan kartu ketiga, kata Jokowi adalah Kartu Sembako Murah. Di mana peruntukannya untuk ibu-ibu yang memiliki keterbatasan finansial. Bahkan, akan ada program potongan harga yang bisa dimanfaatkan para pemegang kartu.

"Yang duitnya banyak nggak boleh pegang ini. Ini diberikan pada ibu ibu yang diseleksi, tidak semua dapat. Ini untuk beli sembako gula, beras, minyak nanti kita diskon tertentu," ungkap dia.

sumber: detik