OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 01 Maret 2019

Paman Sandiaga Uno yang Dukung Jokowi Ternyata Caleg Hanura

Paman Sandiaga Uno yang Dukung Jokowi Ternyata Caleg Hanura



Rudi Hartono Uno

10 - Sejumlah keluarga Sandiaga Salahuddin Uno memilih mendukung pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Siapa saja mereka dan apa alasannya?

Deklarasi dukungan ini sempat menarik perhatian. Saat Sandiaga keliling nusantara berkampanye, keluarganya justru mengumumkan dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf. Deklarasi berlangsung di Hotel Maqna, Gorontalo, Kamis (28/2/2019).

"Jokowi... Jokowi... Jokowi...," teriak relawan dan simpatisan dalam acara yang turut dihadiri Jokowi tersebut.

Perwakilan keluarga Uno, Rudi Hartono Uno kemudian menjelaskan alasannya mendukung Jokowi.

"Kinerja pemerintah bapak Presiden Joko Widodo selama hampir satu periode ini terutama perhatian dan kepedulian pemerintah pusat terhadap pembangunan di Provinsi Gorontalo, yang sungguh-sungguh telah kami rasakan selama ini," katanya.

Dia mengatakan, dirinya sadar bahwa ada salah satu bagian dari keluarga besar mereka yang ikut dalam kontestasi Pilpres. "Namun, dengan besar hati kami harus menyampaikan bahwa kepentingan bangsa dan negara sungguh jauh lebih penting dari sekadar kepentingan keluarga," lanjutnya.



Deklarasi itu turut dihadiri Wakil Ketua TKN Moeldoko, Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Hartono Uno mengatakan, deklarasi dilakukan setelah mempertimbangkan pelbagai hal. Di antaranya mencermati kinerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla periode 2014-2019 yang telah memberikan perhatian dan kepedulian terhadap pembangunan di Gorontalo.

Sandiaga Uno adalah putra dari Razif Halik Uno dan Rachmini Rachman. Razif Halik Uno disebut-sebut memiliki hubungan darah dengan raja-raja yang pernah memerintah Kerajaan Gorontalo.

Di masa muda, Razif Halik Uno sempat tinggal berpindah-pindah dari Gorontalo ke Makassar hingga akhirnya menjalani masa kuliah di Institut Teknologi Bandung.

Keluarga Uno dikenal di Gorontalo Utara. Bagi warga Gorontalo, Sandiaga melengkapi banyak tokoh Gorontalo yang mengabdi di luar tanah leluhurnya, seperti mantan Presiden BJ Habibie atau tokoh sastra Indonesia HB Jassin.

Siapa Rudi Hartono Uno?

Kepada wartawan, Rudi mengaku paman langsung Sandiaga Uno, calon wakil presiden nomor urut 02. Meski masih punya hubungan darah dengan Sandiaga Uno, tidak menghalanginya untuk mendukung Jokowi.

Rudi Hartono Uno saat ini tercatat sebagai calon anggota legislatif DPRD Provinsi Gorontalo dari daerah pemilihan 5 Kabupaten Gorontalo Utara. Dia berjuang melalui Partai Hanura.

Sumber :