OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 12 Maret 2019

Wow, Ratusan WNA di Sleman Terindikasi Masuk DPT

Wow, Ratusan WNA di Sleman Terindikasi Masuk DPT




10Berita - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) kembali menemukan adanya indikasi Warga Negara Asing (WNA) yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT). Jumlahnya pun mencapai 165 orang, yang akan ditindaklanjuti dalam waktu dekat ini.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman M Abdul Karim Mustofa mengatakan, 165 orang itu baru terindikasi WNA yang masuk dalam DPT. "165 nama itu terindikasi WNA dan sudah masuk dalam DPT," katanya, saat dihubungi Senin (11/3).

Sebanyak 165 nama itu masih perlu diklarifikasi di lapangan untuk memastikan kebenarannya. Pihaknya akan memberikan saran kepada KPU Kabupaten Sleman untuk ditindaklanjuti. "Hari ini kami kirim surat ke KPU Sleman," katanya.

Jumlah ratusan orang yang terindikasi itu di luar dari angka sebelumnya yakni 32 orang potensi WNA masuk DPT. Menurut Karim, 32 nama itu telah dilakukan klarifikasi dan didapatkan kepastian 3 WNA yang masuk DPT. "32 nama itu masih proses klarifikasi. Sedangkan 3 WNA yang dipastikan masuk DPT, sudah kami laporkan," ucapnya.

Sebelumnya, Amir Nashiruddin, Komisioner Bidang Koordinator Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu DIJ telah menyampaikan ada tambahan 3 WNA yang masuk dalam DPT. "3 tambahan yang baru, tinggal di Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman," kata dia.

Sejauh ini untuk jumlah WNA yang sudah dipastikan masuk dalam DPT sebanyak 14 orang. Rinciannya 4 orang tinggal di Kabupaten Sleman, kemudian 8 orang di Kabupaten Bantul, 1 orang di Kota Jogjakarta, sedangkan seorang lagi ditemukan di Kabupaten Gunungkidul.

Mengenai 165 orang yang terindikasi masuk DPT tinggal di Kabupaten Sleman itu, pihaknya belum menerima laporan. Namun nantinya akan terus di-update perkembangannya.

sumber: jawapos