OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 05 April 2019

Prabowo Dikabarkan Sakit karena Kelelahan dan Terkena Stroke Ringan, Begini Jawaban BPN?

Prabowo Dikabarkan Sakit karena Kelelahan dan Terkena Stroke Ringan, Begini Jawaban BPN?



Karena kelelahan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto diisukan terkena stroke ringan sehingga tidak bisa hadir pada kampanye akbar di Pulau Bangka dan peringatan Isra' Miraj di Aceh - Sumber Foto: detikcom (04/04/2019)

10Berita, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra dan Direktur Komunikasi dan Media BPN Hashim Djojohadikusumo mengatakan Prabowo sakit saat melakukan orasi di depan masyarakat, di Pangkalpinang, Babel - Sumber Foto: detikcom (04/04/2019)
Gara-gara batal menghadiri kampanye akbar yang digelar di lapangan Bola Pasir Putih Kota Pangkalpinang, Pulau Bangka, Capres no urut 02, Prabowo Subianto digosipkan sakit terkena stroke ringan.

Apalagi seperti yang dilansir detikcom (04/04/2019), adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra dalam pidatonya menyebut Prabowo tidak bisa datang di kampanye akbar karena sakit.

"Saya menyampaikan permohonan beribu maaf, kepada masyarakat yang hadir di sini, dikarenakan kondisi kakak saya (Prabowo) dalam kondisi sakit sepulang dari Padang," ujar Hashim.



Ternyata kabar sakitnya Prabowo ini segera menjadi isu liar yang menyatakan Prabowo kembali terkena serangan stroke ringan. Meskipun isu-isu sejenis telah berhembus berulangkali, bahkan sejak Pilpres 2014 lampau, namun sepertinya isu Prabowo terkena stroke ini tetap saja mampu membuat banyak khalayak merasa galau.

Karena isu liar ini dianggap merugikan bahkan membahayakan tingkat kepercayaan, dukungan masyarakat terhadap Prabowo, maka TKN Prabowo-Sandi segera memberikan klarifikasinya.

BPN segera memastikan bahwa capres nomor urut 02 itu bisa kembali mengikuti kegiatan kampanye. "Cuma hari ini aja (tidak kampanye), (besok) kampanye lagi terus," kata Juru Debat BPN Prabowo-Sandiaga, Riza Patria seperti yang dikutip detikcom (04/04/2019).

Isu yang muncul sebenarnya sudah ada sejak berakhirnya debat keempat lalu. Muncul isu yang menyebut Prabowo terkena strok ringan usai menjalani debat capres keempat pada Sabtu (30/3). Karenanya Riza menepis isu tersebut. Politikus Gerindra itu menyebut Prabowo tetap berkegiatan setelah debat keempat.

"Habis debat kan masih keliling-keliling, ke mana-mana, keliling terus setiap hari," terang Riza. "Iya cuma hari ini (nggak kampanye), nggak ikut, nggak ada strok ringan," imbuhnya.

Kalau kita atelusuri isu terserang stroke ringan ini memang telah berulang kali menimpa Prabowo. Ia pernah dikabarkan stroke setelah Wieranto membuka aib penculikan sebagai kejahatan Prabowo pada saat kampanye Pipres 2014 lampau.

Ketika tak bisa hadir untuk mengisi orasi politik dalam acara konsolidasi nasional Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada bulan Februari 2019 kemarin, Prabowo juga dikabarkan terserang stroke rngan. Bahkan beberapa tersebar foto Prabowo yang diedit sehingga bibirnya nampak miring dan disebutkan bahwa itu meruakan bukti bahwa Prabowo pernah terserang stroke ringan.

Namun dari beberapa kali isu stroke yang menimpa Prabowo tersebut, belum pernah sekalipun ada kebenaran fakta yang menunjukkan bahwa Prabowo memang pernah terserang stroke. Namun meskipun tuduhan ini tidak pernah terbukti, BPN tetp harus melakukan klarifikasi karena bagaimana pun juga harus diakui bahwa Prabowo sudah cukup berumur dan masyarakat melihatnya bisa saja terserang stroke yang memang menjadi salah satu penyakti paling hit di Indonesia.

Sumber: UC news