OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 29 Juni 2019

5 Animasi Islami, Tontonan yang Recomended buat Anak

5 Animasi Islami, Tontonan yang Recomended buat Anak


10Berita, PENDIDIKAN karakter sangat penting ditanamkan dalam diri anak sejak dini. Ini mencangkup penanaman nilai-nilai keislaman yang nantinya akan menjadi pondasi keimanan di masa depan. Namun, dalam prakteknya, menanamkan nilai-nilai Islam kepada anak usia dini itu tidak semudah membalikan telapak tangan. 
Orangtua tak mungkin bisa mengharap hasil yang ‘kekal’ jika usaha yang dilakukan bersifat instan. Anak tak akan langsung mengerti begitu dijelaskan satu kali. Apalagi, mereka punya rentang fokus yang pendek dan cepat bosan, Maka, orangtua perlu kreatifitas untuk menciptakan suasana dan media pembelajaran yang menarik bagi sang buah hati.

Di era digital, orangtua bisa memanfaatkan media yang sedang tren atau digandrungi. Tentu saja orangtua juga perlu selektif dalam memilih media tersebut.
Salah satu pilihannya adalah menyajikan tontonan yang bisa menghibur sekaligus mengedukasi anak untuk memahami nilai-nilai Islam. Biasanya anak-anak suka film animasi. Nah, film animasi ini ada juga loh yang memuat sekaligus mengajarkan nilai-nilai Islam.
Apa saja sih judul animasi Islami yang recomended untuk ditonton anak-anak? Intip ulasannya berikut ini, ya.

Nussa

Animasi karya anak bangsa ini diproduksi oleh The Little Giantz sejak November 2018. Bercerita tentang kehidupan sehari-hari kakak beradik Nussa dan Rara. Seri kartun edukasi yang tayang setiap Jumat pagi di Youtube ini memuat banyak pesan Islami untuk anak muslim.
Animasi ini punya kemasan yang menarik, mudah dimengerti, menggemaskan dan ‘Indonesia banget’. Selain keseruan cerita di setiap episodenya, animasi ini juga menampilkan lagu-lagu yang menarik dan  mudah dihafal si kecil. Seri animasi ini bisa ditonton di chanel Youtube Nussa Official.

Alif Alya

Animasi Islami lainnya yang juga digarap oleh anak bangsa adalah Alif Alya.Animasi ini merupakan hasil kerja sama antara Alif Alya Indonesia, Indonesia Animasi Teknologi dan HHK Animation Academy.
Serial yang satu ini bercerita tentang Alif, Alya dan teman-temannya yang rajin mengucapkan doa dan kalimat tayibah. Selain mengajarkan nilai-nilai agama kepada si kecil lewat kisah tokohnya, animasi ini juga menampilkan lagu-lagu anak populer. Seri edukasi ini bisa ditonton di akun Youtube Alif Alya.

Omar dan Hana

Sama seperti Upin dan Ipin, animasi Omar dan Hana merupakan garapan Malaysia. Menggunakan pengantar bahasa Melayu, kartun ini menceritakan keseharian Omar yang berusia 5 tahun dan Hana yang berusia 4 tahun.
Lewat lagu-lagu yang dinyanyikan kakak beradik maupun kedua orang tuanya, serial Omar dan Hana memberi anak edukasi tentang Islam, seperti membiasakan memulai sesuatu dengan ucapan bismillah dan belajar huruf hijaiyah. Lagunya pun sederhana dan mudah dimengerti balita. Serial animasi ini bisa ditonton di akun YouTube Omar & Hana.

Ali and Sumaya

Ali and Sumaya menceritakan kisah kakak beradik Ali dan Sumaya dalam belajar agama Islam. Diproduksi Imanimation Sudios, animasi ini menggunakan pengantar Bahasa Inggris.
Banyak yang bisa dipelajari anak dari seri kartun ini, seperti cara berwudhu, solat, membaca Al-Quran, dan lain-lain. Kegiatan Alif dan Sumaya menggambarkan aktivitas anak-anak masa kini. Bahkan Sumaya diceritakan rutin membuat vlog.
Selain kartun, Ali and Sumaya juga tersedia dalam aplikasi edukatif yang interaktif, mainan, DVD berisi doa-doa, hingga poster. Serial Ali and Sumaya juga bisa ditonton gratis di Youtube.

Syamil dan Dodo

Film animasi anak islami besutan NCR Production ini, merupakan produk unggulan dari perusahaan animasi lokal yang khusus bergerak dalam bidang industri animasi berbasis edukasi dan hiburan (edutainment). NCR Production sendiri merupakan brand utama dari PT. Nada Cipta Raya yang memproduksi serial Dodo dan Syamil dalam paket Seri Ensiklopedia Anak Muslim. Film animasi ini sudah mulai diperkenalkan pada penonton Indonesia sejak tahun 2013 bertepatan dengan bulan Ramadhan dan ditayangkan oleh salah satu televisi swasta. Satu tahun kemudian tepatnya 2014 film serial ini mendapatkan penghargaan dari KPI (Komisi Penyiaran Indonesia), sebagai acara anak terbaik 2014.

Serial Dodo dan Syamil merupakan animasi yang didalamnya mengandung pesan pengajaran tentang pengetahuan Agama Islam. Kisah yang sederhana diangkat dari kejadian sehari-hari namun dikemas dengan adegan dan cerita lucu yang dapat membuat anak-anak tertawa. Hal lain yang lebih utama adalah membantu anak-anak untuk dapat memahami Islam dengan lebih mudah dan indah. Serial Dodo Syamil ini telah beredar dalam kemasan DVD, namun episode atau cuplikan serialnya juga dapat disaksikan di Youtube. []
SUMBER: KUMPARAN | PONDOK ISLAMI