(Istimewa)
Para ahli memperingatkan dampaknya menghasilkan banyak "utang tersembunyi." Masalah utang yang terus tumbuh dapat memicu perlambatan yang lebih buruk dari perkiraan, di antara masalah-masalah lain.
Kurangnya transparansi juga akan memengaruhi investor yang mempertimbangkan obligasi yang diterbitkan oleh negara-negara tersebut, atau organisasi seperti Dana Moneter Internasional (IMF) yang membantu negara-negara itu dengan utang mereka. menurut
"Jadi ada kecenderungan untuk berpikir bahwa negara-negara ini memiliki tingkat utang yang lebih rendah daripada yang sebenarnya mereka miliki," jelas Carmen Reinhart, seorang profesor di Sekolah Pemerintahan Kennedy. di Universitas Harvard.
Reinhart, berbicara di Nomura Investment Forum di Singapura akhir bulan lalu, dia berkata: "Peningkatan China sebagai kreditor global juga berarti ada banyak hutang tersembunyi. Artinya, negara-negara yang pernah meminjam dari Cina tetapi pinjaman ini tidak dilaporkan oleh IMF, oleh Bank Dunia."
Itu akan menghambat IMF atau Bank Dunia dalam melakukan pekerjaan mereka pada analisis keberlanjutan utang, katanya. Upaya itu termasuk menganalisis beban utang negara, dan menghasilkan rekomendasi untuk strategi pinjaman yang membatasi risiko kesukaran utang.
"Dari sudut pandang pengintaian, ini berarti bahwa IMF, jika mereka melakukan keberlanjutan hutang misalnya untuk Pakistan, kecuali mereka tahu berapa banyak hutang Pakistan kepada Tiongkok, mereka melakukan latihan keberlanjutan dengan mata tertutup," kata Reinhart.
Bagi para investor, informasi terbatas yang mereka miliki menghalangi mereka dalam membuat keputusan investasi tentang obligasi yang diterbitkan oleh negara-negara tersebut jika mereka tidak tahu berapa sebenarnya utang negara China, tambahnya. Itu bisa menyebabkan mereka meremehkan risiko meminjamkan uang kepada negara-negara tersebut melalui obligasi.
Reinhart mengatakan kepada konferensi itu bahwa, sejak 2011, ada banyak pinjaman seperti yang diambil negara-negara itu dari para pemberi pinjaman China yang perlu direstrukturisasi, atau dinegosiasikan ulang. Negara-negara tersebut termasuk Sri Lanka, Ukraina, Venezuela, Ekuador, Bangladesh dan Kuba, menurut Reinhart.
Statistik utang resmi dilacak oleh Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia, tetapi itu hanya menangkap sekitar setengah dari pinjaman Tiongkok untuk negara lain, Reinhart memperkirakan.
Selain itu, China bukan anggota yang disebut Paris Club, yang juga melacak pinjaman resmi, dan "tidak tertarik" untuk bergabung, kata Reinhart. Klub Paris adalah sekelompok negara kreditor yang bertujuan untuk memperbaiki masalah utang negara lain.
Pinjaman-pinjaman ke negara-negara itu diselimuti kerahasiaan, menurut laporan, dengan China sering menuntut aset sektor publik sebagai jaminan.
Salah satu contoh dari pinjaman buram itu adalah bagaimana pinjaman Tiongkok ke Venezuela didenominasi dalam barel minyak, menurut pidato tahun lalu dari David Malpass, presiden Bank Dunia saat ini yang saat itu menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan AS untuk Urusan Internasional.
"Ini memiliki efek menutupi jumlah persis pembayaran yang dilakukan Tiongkok kepada pejabat Venezuela dan bahwa Venezuela diharapkan untuk melakukan ke Cina di masa depan," katanya.
"Jika Anda meminta China untuk persyaratannya, Anda tidak akan menemukannya," katanya dalam pidato itu.
Baik IMF dan Bank Dunia telah menyerukan lebih banyak transparansi tentang jumlah dan persyaratan pinjaman dalam Pertemuan Musim Semi tahunan mereka pada bulan April tahun ini.
Menanggapi permintaan dari CNBC, Bank Dunia mengatakan bahwa transparansi utang adalah "kritis."
"Peminjam membutuhkan data utang yang komprehensif dan tepat waktu untuk membuat keputusan yang tepat. Ini juga memungkinkan pemberi pinjaman untuk mengelola risiko pinjaman dengan lebih efisien - sehingga menurunkan biaya pinjaman untuk semua orang," katanya seperti mengutip cnbc.com.
Lebih jauh, organisasi internasional mengatakan, transparansi utang memungkinkan warga negara "meminta pertanggungjawaban pemerintah mereka."
"Singkatnya, transparansi utang sangat penting untuk pembangunan ekonomi. Jadi ketika utang "tersembunyi", itu masalah bagi semua orang - bukan hanya Bank Dunia atau IMF. Ini terutama masalah bagi warga negara di mana utang tersembunyi tiba-tiba ditemukan, karena ketidakpastian dapat menyebabkan biaya pendanaan lebih tinggi atau, dalam kasus terburuk, memutuskan mereka dari pendanaan," kata pernyataan Bank Dunia.
Situasi utang yang kurang dilaporkan itu bisa menjadi masalah, menurut Kaho Yu, analis senior Asia di Verisk Maplecroft.
"Meskipun pinjaman Beijing dapat membantu negara-negara berkembang, penumpukan utang yang tidak jelas akhirnya dapat menurunkan pertumbuhan ekonomi," katanya kepada CNBC dalam email.
Yu menambahkan: "China mungkin telah meyakinkan negara-negara berkembang bahwa biaya pinjaman akan ditanggung oleh proyek dalam jangka panjang setelah mereka menjadi operasional, tetapi tidak ada jaminan yang diberikan."
China telah dikritik karena membebani banyak negara dengan utang melalui Inisiatif Sabuk dan Jalan, sebuah rencana investasi infrastruktur raksasa untuk membangun jalur kereta api, jalan, laut dan lainnya yang membentang dari Cina ke Asia Tengah, Afrika, dan Eropa.
Lembaga keuangan China telah menyediakan lebih dari US$440 miliar dalam pendanaan untuk proyek-proyek Belt and Road, Gubernur People's Bank of China, Yi Gang mengatakan selama pembicaraan di Belt and Road Forum kedua di Beijing awal bulan lalu.
Sebagian besar pinjaman dilakukan melalui dua bank kebijakan - Bank Pembangunan Tiongkok dan Bank Ekspor-Impor Tiongkok. Bank Ekspor-Impor China pada bulan April mengatakan bahwa mereka telah memberikan lebih dari US$149 miliar pinjaman kepada lebih dari 1.800 proyek Belt and Road, sementara China Development Bank mengatakan pada bulan Maret bahwa mereka telah memberikan pembiayaan lebih dari $ 190 miliar untuk lebih dari 600 proyek Belt and Road sejak 2013.
Tetapi Yu mengingatkan bahwa kurangnya transparansi di sekitar pinjaman berarti bahwa ada juga ketidakpastian tentang seberapa berkelanjutan proyek tersebut.
"Ada ketidakpastian tentang kelayakan jangka panjang dari proyek-proyek yang didukung oleh pinjaman China yang kurang dilaporkan karena kurangnya transparansi dan akuntabilitas. Meskipun akan ada lonjakan (investasi asing langsung) di tahap awal proyek, defisit akan melebar dalam jangka panjang, "katanya kepada CNBC.
Salah satu contoh terkenal adalah Sri Lanka, yang harus menyerahkan pelabuhan strategis ke Beijing pada tahun 2017, setelah tidak dapat melunasi utangnya kepada perusahaan-perusahaan Cina.
Itu dilihat sebagai contoh bagaimana negara-negara yang berutang uang ke Beijing dapat dipaksa untuk menandatangani wilayah nasional atau membuat konsesi curam jika mereka tidak dapat memenuhi kewajiban - sebuah fenomena yang dijuluki diplomasi perangkap utang. Namun, pemerintah Presiden Cina Xi Jinping membantah bahwa negara itu menggunakan strategi semacam itu.
IMF menolak berkomentar selain merujuk CNBC ke pidato yang disampaikan Lagarde pada bulan April. Dalam hal itu, dia mengatakan "keberlanjutan utang ... akan memperkuat keberlanjutan BRI," tetapi dia tampaknya tidak mengatasi masalah utang tersembunyi yang memengaruhi kemampuan kelompoknya untuk melakukan analisis.
"Sejarah telah mengajarkan kepada kita bahwa, jika tidak dikelola dengan hati-hati, investasi infrastruktur dapat menyebabkan peningkatan hutang yang bermasalah," katanya.
Pinjaman luar negeri Cina bisa melambat
Dengan meningkatnya risiko, apakah terkait dengan ekonomi Tiongkok yang melambat atau proyek Belt and Road, pinjaman China ke negara-negara lain dapat melambat ke depan.
Tom Rafferty, ekonom utama untuk China di Economist Intelligence Unit, menunjuk lebih banyak risiko ke depan dan mengatakan prospek pinjaman Tiongkok ke depan akan "tertahan."
"Pinjaman luar negeri Tiongkok melambat cukup kuat pada 2018 ketika penghindaran risiko tumbuh dan kendala mulai muncul dalam hal pembiayaan dolar AS," katanya kepada CNBC dalam email, mengutip informasi dalam laporan tahunan dua pemberi pinjaman kebijakan China.
Rafferty menjelaskan bahwa surplus neraca berjalan Tiongkok yang besar secara tradisional telah menghasilkan cadangan devisa - yang disimpan dalam dolar AS - yang digunakan untuk pinjaman luar negeri, terutama ke negara-negara yang terlibat dalam proyek-proyek Belt and Road.
Tetapi akun China saat ini menyusut, membatasi pembiayaan dolar AS.
Sumber: Inilah