OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 07 Juni 2019

Jika TKN Kuasai 80 Persen di Parlemen, Pengamat: Orde Baru Jilid II Akan Terulang Kembali

Jika TKN Kuasai 80 Persen di Parlemen, Pengamat: Orde Baru Jilid II Akan Terulang Kembali

10Berita – Pengamat Politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio kwahtir jika koalisi Jokowi-Maruf Amin menguasai 80 persen di Parlemen. Maka Orde Baru jilid II akan terulang kembali.
Kekwahtiran ini bisa terlihat dengan isu bahwa PAN dan Demokrat akan merapat ke koalisi Tim Kampanye Nasional (TKN) dengan bertambahnya dua partai ini maka otomatis DPR akan dikuasai koalisi Jokowi-Maruf Amin.
“Ini kan dari UU MD3 nya kan memang hampir pasti TKN akan menguasai DPR. Makanya menurut saya agar orde baru jilid II tidak terjadi, supaya lagu tidak setuju tidak sering terjadi, supaya drama-drama walk out tidak sering terjadi maka sebaiknya kita doakan supaya anggota DPD dalam memilih ketua MPR itu bisa memilih ketua yang dari oposisi,” kata Hendri saat dihubungi Teropong Senayan Jumat (7/6/2019).

Karena, lanjut ia, peyeimbang itu penting, dengan MPR yang oposisi, maka keseimbangan pemerintahan yang demokratis ini bisa terjadi.
“Memang sulit untuk di wujudkan tapi harusnya bisalah karena kalau kita kembali lagi ke Orde Baru jilid II dengan semuanya menyanyikan lagu setuju itu sebuah kemunduran untuk pembagunan negeri ini,” ucapnya.
Hendri juga menakuti ketika TKN akan menguasai Parlemen maka semua kebijakan pemerintah akan disetujui oleh DPR.


Sumber: Eramuslim