Saloka Theme Park.
10Berita, Jakarta – Kemana Anda akan menghabiskan liburan? Jika belum mengambil keputusan, menjelajahi Kota Semarang bisa jadi salah satu destinasi wisata pilihan Anda. Sebelum berangkat ke kota lumpia ini, jangan lupa pesan hotel di Semarang dulu. Agar Anda tidak kehabisan kamar dan tidak bingung mencari tempat menginap.
Ada tempat wisata apa saja di Semarang? Kota yang menduduki posisi kota metropolitan terbesar ke-5 di Indonesia ini memiliki beragam tempat wisata baru yang wajib dikunjungi. Berikut ini daftar 5 wisata terbaru di wilayah Semarang dan sekitarnya:
1. Saloka Theme Park
Saloka Theme Park merupakan taman bermain yang berlokasi di Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Taman bermain keluarga yang resmi dibuka tanggal 15 Desember 2014 kemarin, merupakan taman bermain terbesar di provinsi Jawa Tengah.
Taman bermain ini terbagi dalam 5 zona tematik, dengan lebih dari 25 wahana permainan yang siap menghibur dan mengedukasi pengunjung di berbagai usia. Bagi Anda yang menyukai tantangan atau permainan yang memacu adrenalin, wahana seperti roller coaster mini, disco, atau uji nyali di rumah hantu perlu Anda coba.
Selain wahana bermain, Saloka Theme Park juga menyediakan berbagai jenis wisata kuliner yang siap memanjakan perut Anda.

2. Wahana Jembatan Ondo Langit Gumuk Reco
Wahana Jembatan Ondo Langit Gumuk Reco, Semarang.
Anda penyuka wisata petualangan? Saatnya menjajal wahana wisata pemicu adrenalin satu ini. Berada di daerah Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, wisata ini secara resmi dibuka pada bulan Februari 2019. Letak wisata Jembatan Ondo Langit Gumuk Reco masih dalam kawasan Wisata Desa Sepakung, yang berjarak kurang lebih 35 kilometer dari Kota Semarang.
Dengan membayar tiket masuk kawasan Desa Wisata Sepakung Rp5.000 dan tiket untuk Jembatan Ondo Langit seharga Rp25.000, Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar dari ketinggian 45 meter. Harga tiket tersebut sudah termasuk biaya alat pengaman yang Anda kenakan ketika meniti jembatan tersebut.

3. Gravity Indoor Trampoline Park
Liburan sekaligus olahraga, kenapa tidak? Anda bisa melakukannya di Gravity Indoor Trampoline Park. Wisata terbaru di Semarang ini berlokasi di Jl. Dr cipto no.226 Semarang. Arena trampolin ini merupakan indoor trampoline yang pertama di Jawa Tengah.
Wahana Gravity Indoor Trampoline Park terbagi dalam beberapa area. Di antaranya, Arcade Ball Arena, Poam Fit & Climbing, atau Slam Dunk Arena. Jika Anda liburan bersama keluarga, Anda bisa mengajak si kecil beraksi layaknya spiderman di Spiderman Arena.
Wahana yang baru saja melakukan grand opening pada tanggal 29 April 2019 ini buka mulai jam 10:00-21:30 WIB. Sedangkan di akhir pekan, Gravity Indoor Trampoline Park buka mulai jam 08:0021:30 WIB.
4. Ayanan Gedong Songo
Jalan-jalan ke Semarang, jangan lupa mampir ke Ayana Gedong Songo. Wisata yang berada di Krajan, Banyukuning, Bandungan ini berjarak kurang lebih 45 kilometer dari Kota Semarang. Berlokasi di pegunungan, tempat wisata ini cocok bagi Anda yang ingin menjernihkan pikiran dengan menghirup sejuknya udara pegunungan.
Selain menikmati hijaunya pemandangan, Anda juga dapat berswafoto di berbagai spot foto yang cantik. Cukup membayar tiket masuk seharga Rp10.000 per anak dan Rp20.000 per orang dewasa, Anda bisa puas berfoto ria di lebih dari 35 spot foto.

5. New Sabana Rawa Pening
Satu lagi tempat wisata baru di Semarang yang wajib Anda kunjungi. Lokasi New Sabana Rawa Pening tidak jauh dari Ayana Gedong Songo. Dengan berkendara kurang lebih 35 menit dari Ayana Gedong Songo, Anda akan tiba di lokasi sabana.
New Sabana Rawa Pening terbentuk karena danau yang mengering kemudian ditumbuhi rumput liar sehingga mirip sabana. Karenanya, mengunjungi tempat ini di musim kemarau adalah saat yang tepat. Anda bisa berswafoto di antara hijaunya tanaman liar, dengan latar Gunung Telomoyo atau Gunung Merbabu.
Bagaimana, sudah menentukan tujuan wisata Anda selama di Semarang? Jangan lupa booking hotel murah melalui Airy, aplikasi booking hotel online yang membuat perjalanan liburan Anda jadi lebih mudah dan menyenangkan.
Sumber: aktual.com