OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 30 Agustus 2019

Saking Cintanya, Shahabiyah Ini Pernah Memarahi Nabi

Saking Cintanya, Shahabiyah Ini Pernah Memarahi Nabi

10Berita – Nama aslinya Barakah. Asalnya dari Habasyah. Menjadi budak milik ‘Abdullah bin Abdul Muthalib, ayah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Setelah menikah dengan Ubaid bin Harits, ia dikaruniai seorang anak bernama Aiman. Kemudian, masyarakat pun memanggilnya dengan Ummu Aiman dan nama itulah yang banyak dikenal hingga kini. Beliau adalah ibu asuh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.
Wanita yang ikut dalam perang Uhud dan Khaibar ini menyertai Muhammad sejak belia. Bahkan, saat Ummu Aminah binti Wahab wafat dalam perjalanan pulangnya dari ziarah ke makam ‘Abdullah, Ummu Aiman-lah yang menggendong dan membawa pulang Nabi kemudian merawatnya bersama istri Abu Thalib.
Ketika Muhammad resmi diangkat menjadi Nabi, Ummu Aiman pun langsung menyatakan iman dan Islam-nya. Sayangnya, sang suami enggan beriman. Mereka pun bercerai. Lepas itu, Ummu Aiman menikah dengan Zaid bin Haritsah, anak angkat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Dari pernikahan barakah ini, lahirlah sosok Usamah bin Zaid yang gagah berani dan shalih.
Perjalanan hidup, kebersamaan, dan keimanan itulah yang membuat Ummu Aiman sangat mencintai Nabi. Pun, sebaliknya. Bahkan, saking cintanya, beliau pernah memarahi Nabi yang mulia. Hal ini kita ketahui sebagaimana riwayat yang disampaikan dari Anas bin Malik.


Sumber: Ersmuslim