OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 11 Oktober 2019

7 Doa yang Tak Boleh Dilupakan, Obat Segala Permasalahan

7 Doa yang Tak Boleh Dilupakan, Obat Segala Permasalahan


10Berita, DI saat-saat kecemasan dan kesulitan kita, ketika kita merasakan kerendahan rohani, dan jiwa kita menjadi gelap sehingga kita tidak merasa ingin melakukan apa pun. Hati kita menjadi keras dan hari-hari kita menjadi kosong.
Beberapa dari kita beralih ke dokter dan obat-obatan, yang lain mencari kelegaan dalam membicarakan masalah mereka kepada orang-orang. Tetapi, Beberapa dari kita ingat untuk menghadap kepada Tuhan sejak awal untuk mengobati masalah kita. Kita tahu Tuhan adalah yang paling pengasih; kita percaya Dia lebih besar dari masalah kita.

Nabi Muhammad bersabda tentang mengingat Allah:
“Jangan terlalu banyak bicara tanpa mengingat Allah. Memang bicara berlebihan tanpa mengingat Allah mengeraskan hati. Dan memang orang yang paling jauh dari Allah adalah yang paling keras hati.” (HR At-Tirmidzi)
Nah, berikut ini beberapa doa dan hadis paling penting yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk kita amalkan:

Dzikir Terbaik

“Ingatan terbaik adalah: ‘tidak ada yang patut disembah selain Allah (La ilaha illallah)’ dan permohonan terbaik adalah: ‘Semua pujian adalah berkat Allah (Al-ḥamdulillah).’ (HR At-Tirmidzi)

Doa Terbaik Untuk Memuliakan Allah

Kalimat yang dianjurkan untuk dibaca adalah: “Subhana Allah wa bihamdihi adada khalqihi wa rida nafsihi wa zinata arshihi wa midada kalimatihi.”
Artinya: “Allah bebas dari ketidaksempurnaan dan kita bisa memulai dengan pujian terhadap-Nya, sebanyak jumlah makhluk-Nya, sesuai dengan Kesenangan Baik-Nya, sama dengan berat Tahta-Nya dan sama dengan tinta yang dapat digunakan dalam merekam kata-kata ( untuk PujianNya).” (HR Muslim)

Doa terbaik

Kalimat yang dianjurkan untuk dibaca adalah: “Rabana atina fi dunya hasanatan wa fil akhirati hasanatan wa qina adhaba an-nar.”
“Ya Tuhan kami, berikan kami yang terbaik di kehidupan ini dan yang terbaik di kehidupan selanjutnya, dan lindungi kami dari hukuman Api neraka.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Doa Terbaik Untuk Pengampunan

Nabi (saw) berkata, doa terbaik untuk meminta pengampunan Allah, yaitu:
“Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta khalaqtani wa an abduk wa ana ala ahdika wa wa’dika ma istata’tu, a’udhu bika min sharri ma sana’tu, abou ‘laka bi ni’matika alaya, wa abou’u bi dhanbi , fa-ghfir li, fa innahu la yaghfiru dhunuba illa anta.”
Artinya: “Ya Allah! Kamu adalah Tuhanku. Tidak ada yang berhak disembah kecuali Anda. Anda menciptakan saya dan saya adalah hamba Anda dan saya mematuhi perjanjian dan janji Anda sebaik mungkin. Saya mencari perlindungan di dalam kamu dari kejahatan, yang telah saya lakukan. Saya mengakui kebaikan Anda pada saya dan saya mengetahui dosa-dosa saya, jadi maafkan saya, karena sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Anda. ”
Jika seseorang mengucapkan doa ini pada malam hari, dan jika dia harus mati, dia akan pergi ke Firdaus (atau dia akan berasal dari orang-orang Firdaus). Dan jika dia membacanya di pagi hari, dan jika dia harus mati pada hari yang sama, dia akan memiliki nasib yang sama.” (HR Al-Bukhari)

Doa Terbaik Untuk Perlindungan

Nabi bersabda, “Barangsiapa yang melafalkan tiga kali setiap pagi dan sore: ‘Bismi Allah alladhi la yadorru ma’a ismihi shay ‘fil ardi wala fi sama’ wa huwa sami’u al alim.’ (Dalam Nama Allah dengan Nama Siapa ada perlindungan terhadap setiap jenis kerusakan di bumi atau di surga, dan Dia adalah Maha Mendengar dan Yang Tahu segalanya,’ tidak ada yang akan menyakitinya.)” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Doa Terbaik Untuk Mengobati Depresi

“Doa Dhun-Nun (Nabi Yunus ) ketika dia memohon, sementara di dalam perut paus adalah: ‘La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu mina adhalimeen’ (Tidak ada yang layak disembah kecuali Engkau, Mahasuci Engkau, Sungguh, aku telah menjadi pelanggar). Jadi memang, tidak ada pria Muslim yang memohonnya untuk apa pun, kecuali Allah yang membalasnya.” (HR At-Tirmidzi)

Doa Terbaik Untuk Kedamaian Batin

Abu Musa meriwayatkan: “Rasulullah berkata kepada saya:
“Apakah aku tidak akan menuntunmu ke harta karun dari harta Jannah?”
Aku berkata, “Ya, wahai Rasulullah!”
Setelah itu beliau bersbabda:
“(Ucapkan) ‘ La hawla wa la quwwata illa billah ‘ (Tidak ada perubahan kondisi atau kekuasaan kecuali oleh Allah). ( Al-Bukhari dan Muslim ). []
SUMBER: ABOUT ISLAM