OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 05 Oktober 2019

Antara Tokoh Antagonis di Film Aladdin dan Fakta Ja’far ibn Yahya dalam Sejarah Peradaban Islam

Antara Tokoh Antagonis di Film Aladdin dan Fakta Ja’far ibn Yahya dalam Sejarah Peradaban Islam


10Befita  BEBERAPAwaktu lalu sebuah perusahaan film di Amerika Serikat (AS), yakni Disney, merilis film Aladdin versi live action. Film yang sebelumnya digarap dalam versi kartun itu telah populer di berbagai kalangan. Tokoh Aladdin dan putri Jasmine dalam cerita di film tersebut pastinya sudah tak asing bagi penggemar Disney’s Princess. 
Kisah Aladdin yang berlatar negeri Agraba, bernuansa Timur Tengah. Kisah ini konon diangkat dari cerita 1001 malam. Ceritanya tentang Aladdin dan Putri Jasmine yang terlibat petualangan seru melawan Jafar, seorang wazir istana yang digambarkan sebagai tokoh antagonis. Jafar diceritakan sebagai sosok jahat yang ingin merebut kekuasaan milik raja (ayah Putri Jasmine).

Sepanjang penggambaran masa lalu dalam propaganda media Barat, karakter yang merujuk pada seorang muslim itu dicitrakan buruk. Demikian juga dengan toko Jafar. Karakternya dibuat sebagai orang yang pendendam, haus kekuasaan dan melakukan segala cara untuk mewujudkan ambisinya termasuk dengan memanfaatkan ilmu hitam.
Dalam sejarah peradaban Islam, jabatan wazir dalam sebuah pemerintahan memang benar adanya. Wazir Muslim menggunakan pengaruhnya untuk mempromosikan ilmu pengetahuan di Dunia Islam, memberikan kontribusi pada perkembangan kedokteran, astronomi, dan rekayasa dalam masyarakat Islam abad pertengahan yang dikenal sebagai Zaman Keemasan Islam.
Bahkan, dalam catatan sejarah ada seorang wazir yang memiliki nama sama seperti tokoh dalam film Aladdin itu. Dia adalah Ja’far ibn Yahya, seorang wazir di pemerintahan Khalifah Haroun el-Rashid. Dia adalah salah satu tokoh paling menonjol dalam kekhalifahan Abbasiyah, kerajaan Muslim abad pertengahan yang memerintah petak luas Asia, Afrika Utara, dan Eropa dari 750 hingga 1258 Masehi.
Ja’far dilahirkan dalam keluarga yang kuat, Barmakid, dengan akar yang dalam di wilayah Afghanistan yang dulu dikenal dengan biara-biara Budha. Barmakid pernah menjadi pemimpin dan administrator dari dua biara besar di Balk, tetapi keluarga tersebut masuk Islam setelah 651 Masehi.
Berpendidikan tinggi dan berpengaruh, para Barmakid menemukan diri mereka dekat pusat kekuasaan di bawah kekhalifahan Abbasiyah; Ayah Ja’far sebelum dia menjabat sebagai wazir, dan dua saudara lelakinya memerintah Mesir dan Damaskus.
Dan beberapa anggota keluarga menjadi pelindung terkenal ilmuwan dan cendekiawan. Mereka sering mengundang para cendekiawan dari Asia Selatan ke pengadilan Abbasiyah di Baghdad, menyebarkan pengetahuan dan inovasi di bidang kedokteran , astronomi, dan ilmu-ilmu lainnya ke utara dan barat.

Ja’far secara aktif melanjutkan tradisi keluarga itu, tetapi dia dikenal karena perannya dalam memperkenalkan seni dan ilmu pembuatan kertas ke Baghdad. Pejabat pencinta sains itu meyakinkan khalifah untuk membangun pabrik kertas di Baghdad, yang memberi khalifah sumber kertas yang siap pakai.
Kertas mungkin suatu hal yang dinilai sepele di masa sekarang, namun pada saat itu, penggunaan kertas merupakan kontribusi yang besar dalam komunikasi, informasi, dan pendidikan — sesuatu seperti efek yang dimiliki oleh percetakan berabad-abad kemudian.
Gagasan dan metode yang mereka bantu impor dari Asia Selatan membantu mengembangkan Dunia Islam sebagai negara adikuasa dan pusat pendidikan di seluruh Abad Pertengahan Planet kita. Dan gagasan itu akhirnya menyebar ke Eropa dan mendorong gerakan Renaisans. []
SUMBER: MVSLIM