OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 24 Oktober 2019

Islamic Relief UK Luncurkan Virtue Reality, Game Edukatif buat Remaja Muslim

Islamic Relief UK Luncurkan Virtue Reality, Game Edukatif buat Remaja Muslim


10Berita,Inggris— Islamic Relief UK dan Ultimatum Games telah meluncurkan sebuah videogame. Berbeda dari videogame pada umumnya, game yang diberi nama ‘Virtue Reality’ ini dibuat untuk mengajari kaum muda bagaimana bantuan internasional bekerja dan untuk mengatasi persepsi negatif tentang umat Islam. Demikian laporan The Star.
“Setelah bekerja di industri video game selama 37 tahun, saya tidak bisa tidak menyadari bahwa, seperti halnya dengan media dan budaya pop, umat Islam umumnya disajikan dalam cahaya negatif dalam videogame,” kata Shahid Kamal Ahmad, Managing Director di Ultimatum Games.

“Seringkali, ketika Anda melihat karakter dari agama Islam dalam videogame mereka ‘lain’, sebagai teroris atau penjahat yang harus Anda bunuh, karakter berkulit gelap meneriaki Allahu Akbar dan membawa senjata. Saya belum melihat orang-orang dari komunitas saya digambarkan dengan cara lain dalam videogame. Seolah-olah tidak ada cara lain bagi seorang Muslim untuk menjadi: Anda tidak pernah melihat seorang Muslim yang damai dan biasa saja menjalani kehidupan mereka,” lanjut Shahid.
Gagasan untuk game ini, ‘Virtue Reality’ datang dari pengakuan bahwa film, TV, dan game sering menampilkan Muslim dengan cara negatif sebagai ‘orang jahat’.
Ini didasarkan pada proyek pembangunan internasional nyata yang dijalankan oleh Islamic Relief di lebih dari 40 negara di seluruh dunia, dari Pakistan hingga Mali.
Virtue Reality diluncurkan awal bulan ini di National Videogame Museum di Sheffield, dan siswa sekolah setempat akan menjadi yang pertama mencoba permainan tersebut. Game ini akan tersedia untuk diunduh secara gratis di perangkat Apple dan Google.
“Ini adalah kesempatan luar biasa. Kami terus mendorong siswa kami untuk bertanya dan tidak hanya menerima norma dan batasan dunia teknologi tempat mereka terlibat.” kata Adam Russell, Kepala Ilmu Komputer di Silverdale School di Sheffield, “Pilihan, kemandirian dan pertanyaan yang dipertanyakan adalah dasar dari kurikulum Ilmu Komputer kami.”
Judith Escribano, Kepala Komunikasi di Islamic Relief UK, mengatakan, “Kami melihat Virtue Reality sebagai solusi untuk dua tantangan yang diajukan oleh masyarakat: skeptisisme terhadap bantuan dan meningkatnya Islamofobia.”
Sedangkan, Zia Salik, Kepala Penggalangan Dana di Islamic Relief UK, mengatakan, “Tim Penggalangan Dana dan Amal di Islamic Relief sangat bersemangat tentang peluncuran aplikasi game mobile.”

“Kami pikir itu akan menjadi cara baru yang hebat untuk melibatkan kaum muda, terutama tim sukarelawan di seluruh dunia yang mengambil bagian dalam Pekan Amal setiap tahun. Ini cara lain untuk mempelajari cara kerja proyek kami, dan juga membantu mengumpulkan dana untuk proyek masa depan. Ini akan menjadi sesuatu yang dapat kita bangun dan kita berharap itu akan menjadi aset besar bagi organisasi untuk tahun-tahun mendatang,” lanjutnya.
Virtue Reality juga akan diluncurkan secara bersamaan di AS dan Kanada oleh mitra Islamic Relief. Kantor Islamic Relief juga akan mempromosikannya dari Australia ke Mauritius dan Jerman ke Pakistan.
Islamic Relief Worldwide didirikan pada tahun 1984 sebagai tanggapan terhadap kelaparan di Afrika.
Islamic Relief adalah organisasi yang benar-benar global, yang bekerja di lebih dari 40 negara memberikan bantuan darurat, melakukan pengembangan jangka panjang, dan berkampanye untuk perubahan.
Kantor pusat internasional kelompok ini berada di Digbeth, di Birmingham, Inggris, tetapi juga memiliki kantor di negara-negara termasuk Bangladesh, AS, Jerman, Irak, Libanon, Swedia, Australia, Malaysia, Afrika Selatan, dan Mali. []
SUMBER: ABOUT ISLAM | THE STAR