OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 30 Desember 2019

Dahsyatnya Tilawah Al Quran Sesudah Maghrib dan Sesudah Subuh

Dahsyatnya Tilawah Al Quran Sesudah Maghrib dan Sesudah Subuh


10Berita,Biasakan anak-anak kita mengaji Al Quran alias tilawah sesudah Maghrib dan sesudah Subuh. Sebab secara ilmiah telah terbukti, tilawah pada dua waktu tersebut bisa meningkatkan IQ.

Hal itu disampaikan Ketua Tajdied Center Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, Misbahul Munir. 

“Penelitian Dr Nurhayati dari Malaysia menunjukkan, membaca Al Quran sesudah Maghrib dan sesudah Subuh bisa meningkatkan IQ. Karenanya, mari kita biasakan anak-anak kita mengaji di dua waktu tersebut,” kata Misbahul Munir dalam sambutannya saat Wisuda Tahfizh Tajdied PDM Kabupaten Gresik di Hotel Horison GKB Gresik, Ahad (28/12/2019).

Ia juga mengingatkan hadits Rasulullah terkait waktu utama tilawah. Yakni di waktu fajar dan setelah qailulah (tidur sejenak di siang hari). 

“Kalau kita muraja’ah di waktu-waktu ini, insya Allah lebih kuat hafalan kita,” lanjutnya.

Lebih jauh ia menambahkan, untuk menjaga hafalan, hendaklah para penghafal Quran semakin mendekatkan diri kepada Allah dan menjauhi maksiat.

Ia mengisahkan bagaimana Imam Syafii mengadukan hafalannya kepada Syaikh Waqi’ gurunya. Lalu Syaikh Waqi’ memberikan nasehat agar menjauhi maksiat.

Pada Wisuda II Tahfizh Tajdied ini, PDM Gresik mewisuda 340 santri. Jumlah itu mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan wisuda tahun lalu yang diikuti 170 santri. [Ibnu K/Tarbiyah]