OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 21 Desember 2019

Kisah Masjid Megah di Cina Yang Dijadikan Kantor Komunis

Kisah Masjid Megah di Cina Yang Dijadikan Kantor Komunis

10Berita – Keadaan memilukan masjid terbesar China saat ini, tepatnya di kota Kashgar, menjadi beban terberat akibat kebijakan asimilasi dan penindasan Cina terhadap Muslim Uyghur di Xinjiang. Foto-foto mengejutkan sebelum dan sesudahnya menunjukkan gawatnya situasi.
Banyak yang menyebut kawasan itu adalah Daerah Otonomi Uyghur Xinjiang China – rumah bagi banyak etnis minoritas, termasuk orang Uyghur Turki – sebagai Turkistan Timur.
Uyghur, kelompok etnis Turki yang membentuk 45 persen dari populasi Xinjiang, menyebut Cina melakukan kebijakan represif yang menghambat kegiatan keagamaan, komersial, dan budaya mereka.

Masjid terakhir dengan identitas Islam
Dikenal sebagai masjid terbesar di Tiongkok dan yang terakhir untuk mempertahankan identitas Islamnya dalam beberapa tahun terakhir, Masjid Id Kah berubah menjadi kota hantu setelah bertahun-tahun meningkatkan pembatasan sistematis, meskipun bertahan selama berabad-abad pendudukan Cina di masa lalu.
Id Kah, yang memiliki makna tempat perayaan dalam bahasa Mandarin, dapat menampung hingga 10.000 jemaah di lapangan Id Kah..
Namun, setelah putaran terakhir pembatasan terhadap masjid di Turkistan Timur, tidak ada seorang Muslim Uighur yang dapat berdoa di Masjid Id Kah.


Sumber: Eramuslim