OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 27 Januari 2020

2016, “Senjata Biologi” Berbentuk Cabai Berbakteri Dari Cina Pernah Masuk Indonesia

2016, “Senjata Biologi” Berbentuk Cabai Berbakteri Dari Cina Pernah Masuk Indonesia

10Berita– Ini berita yang tersiar di Bulan Desember 2016:
Kementerian Pertanian memastikan, seluruh cabe berbakteri berbahaya yang diproduksi WNA China di Bogor, Jawa Barat, telah dimusnahkan. Pemusnahan ini, sebagai wujud proteksi atas produksi cabai nasional. Soalnya, dari penelitian diketahui, cabe asal China ini bisa membunuh pertanian petani pribumi.
“Benih cabai ilegal asal Tiongkok ini sangat membahayakan produksi nasional petani cabai Indonesia dikarenakan positif terdapat Bakteri Erwinia Chrysanthemi,” tegas Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati, Antarjo Dikin, kemarin.

Antarjo memastikan, bakteri ini sangat berbahaya dan termasuk jenis organisme pengganggu tanaman Golongan A1. Bakeri ini, katanya, termasuk bakteri yang belum ditemukan di Indonesia, dan dapat menyebar. Sebagai langkah proteksi, pembasmian dengan cara eradikasi atau pemusnahan dilakukan.
“Bakteri Erwinia Chrysanthemi dapat menimbulkan kerusakan atau kegagalan produksi hingga mencapai 70 persen,” tegasnya.
Antarjo lalu merunut data Badan Pusat Statistik (BPS) yang mengemukakan bahwa produksi cabai nasional tahun 2014 sebesar 1,075 juta ton dengan estimasi harga cabai hari ini sekitar Rp. 60.000. Maka bisa dibayangkan derita petani Indonesia jika bakteri ini kemudian menyebar cabai milik para petani,



Sumber: Eramuslim