OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 08 Februari 2020

BREAKING NEWS: 723 Korban Meninggal, Amerika Serikat Kucurkan Rp 1,3Triliun Tangkal Virus Corona

BREAKING NEWS: 723 Korban Meninggal, Amerika Serikat Kucurkan Rp 1,3Triliun Tangkal Virus Corona



10Berita, BEIJING -- Jumlah kasus kematian akibat virus corona menyentuh angka 723 orang, hingga Sabtu pagi (8/2/2020).

Sementara jumlah kasus orang positif terjangkit virus 2019-nCoV sebanyak 34.598 orang, seperti dilaporkan CGTN.

Dikutip dari Channel News Asia, ada tambahan 86 kasus kematian dan 3.399 kasus positif di provinsi Hubei jika dibanding hari sebelumnya.

Meningkatnya jumlah korban pada wabah yang pertama kali menyebar di Kota Wuhan  ini, membuat Amerika Serikat menawarkan bantuan kepada China dan negara terdampak lain.

Amerika Serikat siap mengucurkan dana sebesar 100 juta dollar atau setara Rp1,3 triliun.

Dilaporkan AFP, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengatakan, dana tersebut berasal dari pemerintah AS dan pihak swasta yang berkomitmen membantu pencegahan penyebaran virus corona.

"Kami mendorong semua negara berkomitmen dan bekerja sama untuk menangkal ancaman wabah virus corona yang kian hari kian meningkat," ucap Pompeo dalam sebuah pernyataan persnya.

Mantan Direktur Badan Intelejen Pusat CIA AS itu menuturkan, dana bantuan akan diberikan ke pemerintah China melalui organisasi internasional.

Bantuan lain yang akan diberikan negeri Paman Sam adalah 17,8 ton peralatan medis seperti masker, pakaian bedah, kain kasa, hingga alat pernafasan.

Pemberian bantuan berasal dari kritikan China  yang menilai kebijakan AS berlebihan dalam krisis kesehatan virus corona ini.

Washington diketahui mengeluarkan kebijakan melarang setiap warga negara asing yang memiliki riwayat perjalanan ke China untuk menginjakan kaki ke Amerika Serikat.

Sumber: Tribun news