OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 10 Februari 2020

Siapa Paman Sam? Mengapa Dijadikan Julukan untuk Amerika Serikat

Siapa Paman Sam? Mengapa Dijadikan Julukan untuk Amerika Serikat



10Berita,Setiap negara memiliki julukan atau panggilannya sendiri. Biasanya, sebuah panggilan didasarkan kepada keadaan wilayah, kebudayaan, atau keunikan yang dimiliki oleh sebuah negara. Contohnya saja Jepang yang sering dipanggil dengan sebutan Negeri Sakura.

Lalu jika kita berbicara mengenai Amerika Serikat, tentunya julukan Negeri Paman Sam sudah melekat pada ingatan kita. Tapi tahukah kamu asal muasal julukan tersebut? Jika belum, mari kita ulas bersama-sama.


beritaunik.net
Paman Sam atau dalam bahasa Inggris Uncle Sam merupakan sebuah panggilan kepada seseorang bernama Samuel Wilson. Dirinya lahir di Arlington, 13 September 1766 dan sempat menjadi sukarelawan pejuang negaranya sejak berusia 14 tahun, namun setelah dewasa Samuel memilih untuk berwirausaha dengan membuka usaha pengemasan daging di New York.


fineartamerica.com
Sakit cintanya pada negara, wilson kerap kali membantu menyuplai daging untuk kebutuhan para tentara. Biasanya daging tersebut di kemas dalam sebuah peti dan ditandai dengan nama U.S , namun para tentara sering memplesetkan kata U.S tersebut menjadi Uncle Sam atau Paman Sam.

Paman Sam Wilson dianggap sebagai tokoh teladan tentang seorang wiraswasta yang suka bekerja keras dan cinta kepada tanah airnya. Wilson wafat di usia 88 tahun pada 1854 dan dimakamkan di Pemakaman Oakwood di Troy, New York. Kota itu mendapat sebutan ‘Rumah Paman Sam.’ Akhirnya , nama Paman Sam secara resmi dipakai untuk julukan negara Amerika. Orang-orang Amerika sekarang bangga dengan julukan dan citra yang dimiliki Paman Sam.

Sumber berita: www.beritaunik.net/unik-aneh/sejarah-amerika-dijuluki-paman-sam.html