OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 13 April 2020

Israel Sita Tenda Medis Penanganan Covid-19 Milik Palestina

Israel Sita Tenda Medis Penanganan Covid-19 Milik Palestina

10Berita,PALESTINA–Militer Israel dilaporkan menyita tenda yang dirancang untuk keperluan medis guna menangani Covid-19 di Palestina.
Media Turki Anadoulu seperti dikutip dari Muslim News melaporkan, pada hari Kamis, 26 Maret 2020, sekitar jam 7.30 pagi waktu setempat, para pejabat dari Administrasi Sipil Israel di Tepi Barat tiba dengan pengawalan jip militer, sebuah buldoser dan dua truk flatbed dengan crane di komunitas Palestina Khirbet Ibziq di Lembah Jordan utara. Mereka menyita tiang dan terpal yang dimaksudkan untuk membentuk delapan tenda, dua untuk klinik lapangan, dan empat untuk perumahan darurat bagi warga yang dievakuasi dari rumah mereka, dan dua sebagai masjid darurat. Pasukan juga menyita gubuk timah di tempat selama lebih dari dua tahun, serta generator listrik dan karung pasir dan semen. Empat palet batako yang ditujukan untuk lantai tenda diambil dan empat lainnya dihancurkan.

Ketika seluruh dunia berjuang melawan krisis kesehatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan melumpuhkan, militer Israel mencurahkan waktu dan sumber daya untuk menyulitkan komunitas Palestina yang paling rentan di Tepi Barat, yang telah berusaha diusir Israel dari daerah itu selama beberapa dekade.
Mematikan prakarsa komunitas pertolongan pertama selama krisis kesehatan adalah contoh yang sangat kejam dari pelecehan rutin yang dilakukan pada komunitas-komunitas ini, dan itu bertentangan dengan prinsip-prinsip dasar kemanusiaan dan kemanusiaan selama keadaan darurat.
Tidak seperti kebijakan Israel, pandemi ini tidak membeda-bedakan berdasarkan kebangsaan, suku atau agama. Sudah saatnya pemerintah dan militer mengakui bahwa sekarang, Israel selalu bertanggung jawab atas kesehatan dan kesejahteraan lima juta warga Palestina yang hidup di bawah kendalinya di Wilayah Pendudukan.
Selain penghancuran mengejutkan dari klinik yang sedang dibangun, Administrasi Sipil melanjutkan rutin pembongkaran. Hari ini, ia menghancurkan tiga rumah musiman para petani yang merupakan penduduk Yerusalem, di desa ‘Ein a-Duyuk a-Tahta barat Jericho.
Sementara pada hari Jumat, setelah menyetujui imemc, org, pemukim Israel menyerang penggembala Palestina dan warga sipil lainnya di desa Al-Tuwani, selatan Hebron di Tepi Barat yang diduduki selatan, menurut seorang aktivis setempat.

Fo’ad Amour, seorang aktivis hak-hak lokal, mengatakan kepada Kantor Berita WAFA Palestina bahwa para pemukim Israel, disertai dengan anjing-anjing penyerang, menyerang para penggembala di desa itu dan melukai salah satu dari mereka di perut dan tangannya. Dia dipindahkan ke rumah sakit terdekat untuk perawatan medis.
Penting untuk dicatat bahwa pemukim ilegal Israel menyerang dan melukai 2 petani Palestina dengan alat tajam, pada hari Selasa, saat mereka bekerja di tanah mereka di Umm Safa, barat laut Ramallah.
Selain itu, pada hari Rabu, beberapa pemukim ilegal Israel, menyerbu Masjid al-Aqsa yang suci, di bawah penjagaan polisi, meskipun ada penutupan karena wabah koronavirus, menurut Days of Palestine.
Sumber-sumber lokal mengatakan bahwa puluhan pemukim ekstremis, dikawal oleh petugas polisi, memaksa masuk ke kompleks Masjid al-Aqsa dan melakukan ritual Talmud di dekat Tembok al-Buraq.
Departemen Awqaf Islam dan Urusan Masjid Aqsa di Yerusalem baru-baru ini menutup Masjid al-Aqsa suci di Yerusalem yang diduduki oleh para jamaah Muslim sebagai langkah pencegahan untuk memerangi penyebaran virus corona di wilayah-wilayah pendudukan. []
SUMBER: MUSLIM NEWS