OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 12 Juni 2020

Rusia dan Yunani Protes Hagia Sophia jadi Masjid, Erdogan: Kalian atau Kami yang Memerintah di Turki?

Rusia dan Yunani Protes Hagia Sophia jadi Masjid, Erdogan: Kalian atau Kami yang Memerintah di Turki?


10Berita – Menteri luar negeri Turki meminta negara lain tidak ikut campur masalah kebijakan negaranya atas Hagia Sophia Istanbul. Hal itu bukan urusan internasional, tetapi masalah kedaulatan nasional Turki.

Berbicara dalam wawancara yang disiarkan televisi, Kamis(11/6) Mevlut Cavusoglu menanggapi diskusi baru-baru ini tentang kemungkinan pembukaan kembali Hagia Sophia sebagai masjid. “Situs populer itu awalnya adalah sebuah masjid setelah penaklukan Istanbul oleh kekaisaran Ottoman,” katanya seperti dilansir Anadolu Agency.

Ia menekankan bahwa tidak seorang pun berhak mengomentari kebebasan beragama di Turki. Cavusoglu mengatakan langkah-langkah yang diambil dalam 20 tahun terakhir terhadap berbagai minoritas di negara itu sangat jelas dan adil.


Diplomat top Turki itu juga mengecam keras Amerika atas Laporan tentang Kebebasan Beragama Internasional 2019 yang diterbitkan baru-baru ini dan mengatakan “tragisomis” bagi AS untuk mengomentari kebebasan beragama dan hak asasi manusia negara lainnya.

Sumber: Eramuslim