OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 12 September 2020

Kapan Pandemi Ini akan Berakhir?

 Kapan Pandemi Ini akan Berakhir?


10Berita,DEDLAPAN bulan sudah kami melakukan karantina. Di rumah saja. Kami tahu pandemi belum selesai. Bahkan kurva semakin tajam meninggi. Namun kami ingin menghirup kesegaran udara di luar rumah kami. Pilihan cukup aman adalah lereng Merapi.

Sepi, tidak banyak orang ke sini. Bawa sepeda, bikin kami mengeluarkan energi. Jaga jarak, kenakan masker, cuci tangan kanan kiri, dan selalu happy. Dan yang penting, bawa perlengkapan untuk masak sendiri. Untuk jajan di rumah makan, belum berani. Moga pandemi segera berakhir dan pergi. Moga kita semua Allah lindungi.

BACA JUGA: 3 Aspek Perekonomian dan Keterkaitannya di Masa Pandemi

Pandemi virus corona (Covid-19) telah menjadi sumber ketakutan dunia setelah ditemukan pada Desember lalu di Wuhan, China dan menyebar ke ratusan negara. Hingga Jumat (11/9/2020) mencapai 28.313.416 orang yang terinfeksi secara global. Di mana 913.090 di antaranya meninggal dunia dan 20.326.137 sembuh.

Salah satu pertanyaan yang sering muncul terkait wabah ini adalah kapan dan bagaimana ini akan berakhir. Sebagai jawaban atas pertanyaan tersebut, ahli virologi Kirsty Short dari University of Queensland mengatakan bahwa jawaban untuk pertanyaan tersebut belum diketahui secara pasti.

Namun ia mengatakan bahwa menjaga jarak fisik dan memakai masker jelas akan bisa berhenti memutus rantai penyebaran virus. Selain itu, faktor kekebalan juga sangat penting, katanya, mengutip ABC.

“Kekebalan kelompok dapat dicapai melalui infeksi atau vaksinasi alami,” kata Dr Short.

“Anda memiliki cukup banyak populasi yang memiliki kekebalan terhadapnya, karena mereka memiliki vaksin atau memiliki kekebalan terhadapnya karena mereka terkena virus,” kata Dr Short.

“Itu kemudian berarti bahwa jika mereka terinfeksi, mereka cenderung tidak menularkan, lebih kecil kemungkinannya menjadi parah.”

Namun demikian, ia juga menjelaskan bahwa ada pandemi yang bisa berakhir tanpa vaksin. Misalnya saja pandemi flu 1918, yang jauh lebih besar dibandingkan Covid-19. Pandemi ini berhasil dilalui dengan herd immunity atau kekebalan kawanan, meski waktu pembasmiannya menjadi lebih lama.

“Pada 1918, tidak ada vaksin. Virus menyebar begitu saja tanpa terkendali. Dan pandemi berlanjut di beberapa tempat hingga 1921,” katanya.

“Apa yang terjadi kemudian adalah ada cukup kekebalan kawanan atau kekebalan yang sudah ada sebelumnya sehingga itu benar-benar menjadi jenis flu musiman. Virus 1918 itu tetap menjadi jenis flu musiman sampai tahun 1958, ketika digantikan oleh jenis H2N2, pandemi flu Asia.”

Sayangnya, untuk menciptakan herd immunity, risiko yang diambil sangatlah tinggi. Yaitu mengorbankan puluhan juta orang meninggal di seluruh dunia. Tingkat penularan dan keparahan secara klinis itu menjadikannya salah satu pandemi terburuk di dunia, kata sejarawan medis Peter Hobbins dari Artefact Heritage Services.

“Perencanaan pandemi kami selama abad terakhir sangat bergantung pada skenario itu … [dan] banyak dari perencanaan pandemi itu telah diterapkan tahun ini,” kata Dr Hobbins, yang juga memegang posisi kehormatan di departemen sejarah Universitas Sydney.

“Sangat menarik untuk melihat bahwa karena sifat Covid, kami pada akhirnya harus bergantung pada tindakan yang sangat mirip dengan yang digunakan pada tahun 1919.

“Terlepas dari semua kemajuan dalam sistem perawatan kesehatan kami, ambulans, unit perawatan intensif, obat antivirus, perawatan suportif, epidemiologi, sistem pengawasan global, semua perkembangan yang telah kami lihat dalam seratus tahun terakhir, pada akhirnya kami masih harus kembali pada jenis tindakan yang kami lihat efektif pada tahun 1918 dan 1919, termasuk perawatan yang baik untuk korban, karantina, isolasi sosial, dan tindakan dasar seperti masker dan sanitasi.

“Terkadang apa yang kita ketahui dari masa lalu ternyata masih menjadi respons paling efektif yang kita miliki.”

Saat ini, para pengembang vaksin virus corona telah mencapai banyak kemajuan. Langkah itu diharapkan akan mampu mengakhiri pandemi secara lebih cepat. Meski demikian, Dr Short mengatakan saat vaksin ditemukan, pandemi tidak akan berakhir saat itu juga.

“Tidak akan datang hari di mana kita mengatakan, ‘Oke, pada [tanggal ini], ini tidak akan menjadi masalah lagi’. Ini akan menjadi sebuah rangkaian,” kata Dr Short.

“Apa yang pada akhirnya harus kita lihat adalah begitu kita mengeluarkan vaksin, jumlah kasus akan turun. Selain itu, terapi akan meningkat dan angka kematian akan turun. Ini akan berakhir dengan pelan, bukan mendadak.”

BACA JUGA: 3 Nasihat Nabi yang Dilakukan saat Pandemi

Lebih lanjut, Dr Short memperingatkan bahwa mungkin Covid-19 akan selamanya ada, meski ketika fase pandemi berlalu.

“Menghilangkan virus dari populasi manusia sangatlah sulit. Kami hanya pernah melakukannya dengan satu patogen manusia, dan itu adalah cacar,” kata Dr Short.

“Untuk melakukan itu, Anda memerlukan strategi vaksinasi global. Selain itu, Anda memerlukan vaksin yang pada dasarnya memberikan perlindungan 100% terhadap virus dan terhadap mutasi apa pun yang mungkin ditimbulkan oleh virus. Dan tidak ada reservoir hewan. Itu perintah yang cukup sulit.” []

SUMBER: CNBC INDONESIA