OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 15 Januari 2023

Dijamu di London, Anies Makan Siang Bersama Tokoh Bisnis, Politik, dan Pemerintahan Inggris

Dijamu di London, Anies Makan Siang Bersama Tokoh Bisnis, Politik, dan Pemerintahan Inggris



 

10Berita - Anies Rasyid Baswedan, Ph.D. menceritakan pengalamannya saat memenuhi undangan untuk hadir dalam perjamuan makan siang awal tahun di London. Acara ini, turut dihadiri oleh tokoh-tokoh perbankan, bisnis politik dan pemerintahan di the City of London Corporation.

“Siang ini, memenuhi undangan untuk hadir dalam luncheon awal tahun di London,” kata Anies seperti dikutip KBA News, Minggu, 15 Januari 2023.

Menurut anggota board (dewan) di Universitas Oxford, Inggris kegiatan makan siang ini selalu diadakan setiap awal tahun mereka mengadakan perjamuan khusus untuk mengawali tahun baru dan Jadi kesempatan untuk ajang silaturahim dengan sesama tokoh di sini.

“Mereka yang mengenakan pakaian resmi/kebesaran adalah para pemegang otoritas di the City of London Corporation. Warna bajunya menggambarkan posisi dan kewenangannya. Merekalah yang menjadi tuan rumah acara ini,” ujarnya.

Kemudian, acara dilaksanakan di Drapers Hall atau ruang pertemuan yang dibangun tahun 1530. Drapers Hall adalah rumah bagi Worshipful Company of Drapers, merupakan salah satu dari dua belas perusahaan livery bersejarah di London, terdiri dari asosiasi dan serikat dagang kuno dan modern di London

“Perusahaan livery memainkan peran penting dalam kehidupan kota London, dari segi pegerakan keuangan dan jantung bersejarah Ibu Kota Inggris,” jelasnya.

Pendiri Indonesia Mengajar menyampaikan bahwa kegiatan ini selalu rutin dilakukan jamuan makan siang.

Kegiatan yang biasanya dipimpin oleh Lord Mayor of London dan sheriff-nya yang dihadiri oleh para pemimpin perusahaan livery. Karena Lord Mayor sedang berada di luar Inggris, tahun ini acara jamuan dipimpin oleh Sheriff kota London (Sheriff menggunakan gaun kebesaran berwarna merah).

“Sebuah kehormatan mendapatkan undangan khusus untuk hadir dalam pertemuan dan jamuan makan siang tahunan mereka,” ungkapnya.

“Bertukar pikiran dengan orang-orang yang memiliki rekam jejak karya, prestasi dan pengaruh di bidangnya masing-masing,” tambahnya.

Sumber: kbanews