OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 03 Februari 2023

Politikus PAN: KIB Menginginkan Anies Baswedan The Next President

Politikus PAN: KIB Menginginkan Anies Baswedan The Next President



 

10Berita - Akar rumput tiga partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB); Partai Golkar, PAN dan PPP banyak yang mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden. Akar rumput tiga partai ini mendeklarasi simpul relawan Kuning Ijo Biru (KIB), di Jakarta.

KIB merupakan relawan anggota Partai yang tidak mendukung Anies, tetapi pendukungnya mendukung Anies yang tergabung dalam tiga wadah, yaitu Forum Kabah Membangun (PPP), Go Anies (Golkar) dan ANIES (PAN).
 
Dewan Pembina ANIES yang juga legislator PAN DPRD Kota Surakarta Muh Al Amin mengatakan, sebagai gelombang massa ada gerakan akar rumput Kuning, Ijo, Biru yang menginginkan Anies Baswedan. Kuning adalah Partai Golkar, Ijo/hijau adalah PPP dan Biru adalah PAN.

“Itu salah satu dari kami. Saya aktivis PAN maka kami bergerak melalui gerbong Amanat Indonesia (ANIES) yang diketahui Sahrin Hamid, Mantan Ketua Umum BM PAN sekaligus salah sayu pendiri PAN Jawa Barat,” kepada KBA News, Kamis, 2 Februari 2023.

Amin mengatakan, deklarasi simpul relawan KIB ini membuktikan akar rumput partai menginginkan Anies Baswedan sebagai capres. “Begitu juga di PAN. Ternyata arus bawah PAN sangat mengharapkan Anies Baswedan The Next President,” tegasnya.

Teman akrab Anies Baswedan semasa kuliah di UGM Yogyakarta ini mengaku sebagai politisi PAN, terang-terangan mendukung Anies Baswedan. “Saya sebagai politisi PAN mendukung Pak Anies Baswedan? No problem. Bang Zulhas (Ketum DPP PAN) juga apresiasi,” tegasnya.

Wakil Ketua DPD PAN Kota Surakarta ini mengatakan, sebagai politikus PAN dan masuk dalam jajaran struktural partai, sangat paham aturan yang berlaku di partainya. “Sebagai politisi, struktural PAN paham betul aturan mainnya seperti apa,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, PAN sampai detik ini belum secara resmi mengusung capres. Di internal PAN saat ini ada sembilan tokoh publik yang memungkinkan dicalonkan sebagai capres. “Maka saya dan rekan PAN struktural dan non struktural yang tergabung di ANIES tadi menjadi Anieser, otomatis menjalankan Keputusan Rakernas PAN,” jelasnya.

Sumber: kbanews